Semarang, Harianjateng.com – Bagi yang hobi dan bergerak di dunia fotografi, kini ada Lomba Fotografi Jurnalistik Bagi Wartawan berhadiah Rp. 31 juta 500.000 yang bisa Anda ikuti dengan mendaftarkan diri sesuai dengan ketentuan panitia.
Lomba ini adalah lomba yang digelar Pemerintah Provinsi jawa Tengah yang bisa diikuti oleh wartawan foto di kabupaten atau kota seluruh Jawa Tengah.
Bagi yang menang, akan mendapatkan hadiah uang tunai  dengan total Rp. 31.500.000 yang terbagi atas beberapa juara, yaitu Juara 1, 2 dan 3 serta Juara Harapan 1, 2 dan Juara Harapan 3.
Untuk Juara I  sebesar Rp. 10.000.000
Untuk Juara II sebesar Rp. 7.500.000
Untuk Juara III sebesar Rp. 5.000.000
Untuk Juara Harapan I sebesar Rp. 4.000.000
Untuk Juara Harapan II sebesar Rp. 3.000.000
Untuk Juara Harapan III sebesar Rp. 2.000.000
Dalam lomba ini, pesertanya adalah wartawan foto di Lingkup Provinsi Jawa Tengah (bisa diikuti seluruh wartawan foto di kabupaten/kota se-Jawa Tengah).
Lomba ini mengusung tema utama yaitu Bersama Rakyat Membangun Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari.
Ada beberapa kriteria penilaian yang harus dipenuhi.
1. Teknis: melingkupi unsur-unsur dasar fotografi yakni ketajaman, sudut pandang, teknik pemotretan, serta komposisi.
2. Konsep: melingkupi unsur-unsur gagasan atau ide yang melatari lahirnya sebuah karya foto.
3. Konten: melingkupi unsur-unsur pesan dan informasi yang tersirat maupun tersurat dalam foto. Pesan dalam foto bisa berupa pernyataan, kesan atau ungkapan emosi. Pesan yang bagus adalah pesan yang jelas, tegas, dan efektif.
4. Tematis: melingkupi unsur-unsur yang terkait dengan tema lomba.
Bagi Anda yang tertarik, Anda harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:
Persyaratan :
1. Mengikuti kaidah jurnalistik.
2. Karya yang dibuat adalah karya asli dan belum pernah dilombakan. Panitia berhak menggugurkan pemenang jika di kemudian hari foto tersebut bukan karya asli.
3. Peserta bisa menentukan subtema secara lebih spesifik yang mendukung Tema Utama sesuai dengan kondisi di wilayah liputannya masing-masing.
4. Foto yang dilombakan adalah foto terbaru, yang dibuat dan dipublikasikan di media massa cetak umum yang terbit di Jawa Tengah dan media massa online nonblog, mulai 1 April 2015 sampai 31 Mei 2015.
5. Lomba untuk peserta perorangan, setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 karya.
6. Karya dikirimkan dalam amplop coklat dengan bagian kiri atas bertuliskan “Lomba Fotografi Jurnalistik Biro Humas : Bersama Rakyat Membangun Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari”, paling lambat 5 Juni 2015.
7. Di dalam amplop tertutup, peserta melampirkan fotokopi KTP (1 lembar), Kartu Pers yang masih berlaku (1 lembar), nomor telepon yang bisa dihubungi, bukti pemberitaan di media massa, foto ukuran 10 R, dan file foto asli.
8. Karya dikirimkan kepada Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah, Gedung A Lantai 11 Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Nomor 9, Semarang.
9. Nama pemenang akan diumumkan pada minggu ketiga Juni 2015.
10. Info selengkapnya kunjungi www.jatengprov.go.id.
Untuk mengunduh pedoman dan sumber informasi, silahkan buka Informasi Fotografi Jurnalistik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini