Jakarta, Harianjateng.com – Dalam memperingati Hardiknas 2015, Mendikbud Anies Baswedan pimpin upacara di Jakarta pada hari ini, Sabtu 2 Mei 2015 di halaman Gedung Kemdikbud, Sudirman, Jakarta Selatan. Hardiknas 2015 atau Hari Pendidikan Nasional diperingati oleh Mendikbud Anies Baswedan dengan menjadi pembina upacara. Dalam pidatonya, Anies mengatakan agar semua kalangan bergerak bersama untuk peduli pada nasib pendidikan bangsa
Dalam upacara Peringatan Hardiknas 2015 di Gedung Kemdikbud tersebut, selain Mendikbud juga diikuti oleh pegawai di lingkungan Kemdikbud, ratusan siswa dari berbagai tingkatan, serta tamu undangan. Tak hanya itu, para guru alumni pengerahan tenaga mahasiswa (PTM) yang pada tahun 1950-an mengajar ke pelosok daerah juga datang dalam agenda nasional tersebut.

Tema Hardiknas tahun 2015 ini adalah “Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”. Dalam upacara Hardiknas 2015 tersebut, Mendikbud Anies bertindak sebagai pembina upacara dengan mengenakan setelan jas dan peci. (Baca juga: Hardiknas 2015, Google Tampilkan Ki Jahar Dewantara).
Mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut mengajak semua elemen masyarakat terlibat dalam pendidikan. “Mari kita ikut iuran untuk membuat generasi anak-anak kita bisa meraih yang jauh lebih baik dari yang berhasil diraih generasi ini,” ujar dia dengan tegas di Jakarta. 
Hal itu disampaikan Anies Baswedan dalam dalam amanat upacara yang didengarkan ratusan peserta upacara Hardiknas 2015 tersebut. Tak hanya itu, Mendikbud Anies Baswedan juga menganugerahkan Satya Lencana Karya Bakti untuk pegawai Kemendikbud yang sudah mengabdi puluhan tahun.
Sudah menjadi hal wajar, bahwa tiap Hardiknas selalu digelar upacara. Tak heran, di luar Jakarta juga digelar upacara, seperti upacara Hardiknas di Bandung, upacara Hardiknas di Medan, upacara Hardiknas di Maluku, upacara Hardiknas di Depok, upacara Hardiknas di Aceh, upacara Hardiknas di Papua, upacara Hardiknas di Jogjakarta, upacara Hardiknas di Surabaya, upacara Hardiknas di Semarang, upacara Hardiknas di Palangkaraya, upacara Hardiknas di Kudus, upacara Hardiknas di Malang dan sebagainya.
Kemungkinan besar, pada peringatan Hardiknas 2016, Hardiknas 2017, Hardiknas 2018 bahkan Hardiknas 2019, Mendikbud Anis Baswedan akan tetap menjadi pembina upacara tiap 2 Mei dalam peringatan Hardiknas. Upacara Hardiknas 2015 tahun ini juga sekali mengenang jasa dan gagasan-gagasan cerdas soal pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. (Red-Harian Jateng/HJ58/Foto: Detik.com).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini