Home News Internasional Ayo Wisata di Goa Jepang Desa Promasan Gunung Ungaran Semarang

Ayo Wisata di Goa Jepang Desa Promasan Gunung Ungaran Semarang

1476


Goa Jepang di Desa Promasan lerang Gunung Ungaran.
Bagi Anda para pendaki gunung, pasti mau berkata “ayo wisata di Goa Jepang Desa Promasan Gunung Ungaran Semarang Jawa Tengah”.  Ajakan ini bukan tanpa dasar, sebab, keindahan Gunung Ungaran dan juga Desa Promasan menjadi salah satu objek wisata alam yang sangat luar biasa yang harus dieksplore di Jawa Tengah.
Sebagai salah satu gua atau goa peninggalan Jepang, sebenarnya goa tersebut pantas menjadi objek penelitian, bukan hanya objek wisata. Sebab, dari berbagai literatur dan rujukan yang ada, belum didapatkan sumber primer tentang sejarah dan mitologi yang berkembang di masyarakat, terutama bagi warga Promasan yang berada di lereng Gunung Ungaran. (Baca juga: Berwisata di Desa Promasan Lereng Gunung Ungaran yang Indah).
Berbeda dengan Goa Jepang Promasan, di Indonesia ini banyak Goa Jepang yang sudah terkenal dan dijamah media massa. Seperti contoh, goa Belanda di Indonesia, Goa Jepang dan Goa Belanda di Indonesia, Goa Jepang Kaliurang, Goa Jepang Bandung, Goa Jepang Malang, Goa Jepang di Padang, Goa Jepang Bukittinggi, Goa Jepang Palembang dan Goa Jepang lainnya yang belum terekposemedia massa.
Goa Jepang Promasan Ungaran
Goa Jepang, secara administratif berada di lereng Gunung Ungaran. Lokasinya sangat dekat dengan Desa Promasan atau ada yang menyebutnya Kampung Promasan dan Dukuh Promasan. Lokasi Gua Jepang sangat lah dekat dengan Promasan, sedangkan Promasan sendiri berada di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
Di Goa Jepang Promasan, kondisinya sangat menyeramkan bagi yang tidak terbiasa. Apalagi, di sana belum ada penerangan yang tampak angker, tanpa cahaya dan Anda kalau masuk harus lebih dari tiga orang. Sebab, di dalam Goa Jepang Promasan tersebut sangatlah gelap gulita.
Untuk menuju ke sana, Anda harus sampai dulu di Desa Promasan. Sebab, Anda bisa bertanya dan meminta bantuan warga setempat untuk diantara ke lokasi Goa Jepang agar aman dan bisa ditunjukkan alur serta sejarah singkat Goa Jepang tersebut.
Goa Jepang Promasan merupakan salah satu goa peninggalan Jepang yang pada saat itu menjajah di Indonesia. Dalam literatur sejarah Indonesia yang ada, bangsa Jepang menjajah Indonesia, kurang lebih sekitar 3,5 tahun. Akan tetapi, penjajahan Jepang di Indonesia tersebut lebih kejam daripada Belanda yang menjajah Indonesia. Bukti penjajahan tersebut, adalah pembuatan goa-goa tua peninggalan bangsa Jepang.
 
Selain objek wisata alam di Promasan, di desa tersebut juga ada Candi Promasan yang sangat menarik para wisatawan, terutama mereka para pecinta alam dan pendaki gunung. Bagi warga Jawa Tengah, Candi Promasan memang masih asing, sebab yang populer adalah Candi Gedong Songo yang berada di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa  Tengah.
Jadi jika Anda ingin berwisata di Goa Jepang Promasan tersebut, maka secara otomatis, Anda akan berwisata pula di Desa Promasan, Candi Promasan. Jika Anda kuat, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Ungaran. Tertartikkah Anda berwisata di Goa Jepang Promasan?
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Mufid/Harian Jateng).

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here