Home Hiburan Jalur Pendakian Gunung Ungaran Terbaru dan Tercepat

Jalur Pendakian Gunung Ungaran Terbaru dan Tercepat

738


Jalur pendakian Gunung Ungaran terbaru dan tercepat harus Anda ketahui. Terutama bagi Anda para pecinta alam, mahasiswa pecinta alam, maupun pendaki gunung. Dari beberapa versi, ada beberapa info jalur pendakian yang bisa Anda lewati ketika Anda mau mendaki Gunung Ungaran.
Sebelum Anda mendaki, Anda harus menyiapkan berbagai hal. Salah satu yang utama dan penting adalah info jalur pendakian Gunung Ungaran tercepat agar Anda tidak tersesat di hutan maupun di saban dan kebun teh di lereng Gunung Ungaran. (Baca juga: Ayo Wisata di Goa Jepang Desa Promasan Gunung Ungaran Semarang).
Gunung Ungaran, sebenarnya tak jauh beda dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan beberapa gunung di Indonesia. Lalu, lewat mana dan jalur mana pendakia Gunung Ungaran tercepat?
Dari beberapa informasi yang dihimpun Harian Jateng, berikut jalur pendakian Gunung Ungaran tercepat:
Jalur pertama, Anda bisa melewati daerah Gedung Songo. Secara definitis, Gedung atau Gedong Songo merupakan candi yang berada di kaki atau lereng Gunung Ungaran. Lokasi Gedung Songo ini berada di Desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Untuk itu, Anda harus menuju ke Ungaran, kemudian naik sepeda motor atau bus, menuju ke Bandungan. Setelah itu, Anda menuju Gedung Songo, dan kemudian naik ke puncak Gunung Ungaran. Jika Anda belum pernah muncak, atau pendaki pemula, Anda harus mengajak teman agar tidak tersesat di hutan.
Jalur kedua, Anda bisa menuju puncak Gunung Ungaran melewati Gonoharjo, atau sering disebut bumi perkemahan Gonoharno, yaitu berada di Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah. (Baca juga: Menikmati Keindahan Desa Promasan di Lerang Gunung Ungaran).
Sebelum sampai di sana, Anda kalau dari Semarang, harus melewati Ngaliyan, kemudian menuju arah Boja dan sampai di Gonoharjo. Sesampainya di Gonoharjo, Anda perlu beristirahat sejenak, kemudian melanjutkan perjalanan sampai di puncak Gunung Ungaran.
Jalur ketiga, jika Anda ingin muncak ke Gunung Ungaran, Anda bisa melewati jalur pendakian yang ketiga, yaitu melewati jalur Jimbaran, dan kemudian sampai Sidomukti. Sesampainya di sana, Anda bisa langsung naik ke puncak Gunung Ungaran dengan selamat dan hati-hati tetap waspada.
Tips Mendaki dan Bekal Muncak
Jika Anda sudah berkali-kali mendaki atau muncak di Gunung Ungaran maupun di gunung lain, Anda tak perlu takut. Tapi jika pemula, Anda perlu membaca tips berikut ini. Sebelum melakukan tips di bawah ini, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah meluruskan niat dan berdoa.
Pertama, syarat mendaki adalah sehat lahir dan batin. Fisik harus kuat, usahakan pijat dulu sebelum berangkat.
Kedua, Anda harus tahu informasi jalur pendakian Gunung Ungaran seperti di atas.
Ketiga, bawa perlengkapan mulai baju tebal, selimut, senter, jas hujan, senter, kompor jika perlu, makanan ringan, tikar, gula merah, mie, susu, air putih yang banyak, rokok jika merokok, fresh care atau balsem, kamera, HP, plastik kecil, bendera jika perlu, sepatu muncak, tas, tenda, sarung, tali, pisau besar dan kecil dan sebagainya.
Lebih mudahnya, jika Anda berangkat dengan tim,  bagi perlengkapan per orang agar tidak repot. Jangan paksakan membawa makanan banyak jika tak perlu.
Keempat, usahakan prinsip jangan ngebut saat di jalan.
Kelima, istirahatlah jika capek. Sebab, di sana medannya sangat terjal.
Keenam, jangan kencing sembarangan.
Ketujuh, usahakan minum jika haus. Untuk itu, makan lah gula merah sebagai penambah tenaga.
Kedelapan, buat lah tenda di tempat yang aman. 
Kesembilan, jangan terlalu berpikir negatif dan aneh-aneh. Sebab, di sana banyak makhluk halus yang jika Anda ganggu, maka mereka juga akan menganggu.
Kesepuluh, jangan sampai ada teman yang ketinggalan atau ditinggal. Komunikasi sangat penting dan tetap jaga kekompakan.
Kesebelas, berpikirlah, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.
Kedua belas, prinsip kebersamaan harus diutamakan, jangan meninggalkan teman ketika capek. Berangkat bersama dan pulang bersama.
Selamat mendaki gunung, dan semoga selamat sampai tujuan!
(Laporan Wisata Harian Jateng).
Berikut foto-foto ketika muncak atau mendaki di Gunung Ungaran:

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here