Di Kota Semarang, saat ini cuacanya sangat panas sekali. Tak heran untuk mengusir harus, banyak orang membeli es, baik di warung makan, Indomart, Alfamart,  maupun di warung es. Salah satunya adalah es gempol khas Sampangan Semarang yang menjadi obat pengusir haus.
Dengan harga terjangkau, es gempol khas Sampangan Semarang memberi warna berbeda jika dimimun di tempat. Apalagi, harga es gempol khas Sampangan Semarang sangat murah. Menurut pemilik warung es gempol khas Sampangan Semarang yang berada di Jalan Menoreh Raya Nomor 10 B Semarang yang berada di dekat Kantor Kelurahan Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, harga es gempol khas Sampangan Semarang hanya Rp. 5.000 saja.  Sedangkan es ketan roti juga Rp. 5.000 dan es kelapa muda hanya Rp. 3.000 saja.
Di Semarang sendiri, selain es gempol, sebenarnya banyak minuman yang segar untuk dimimum. Seperti es dawet, es kuwud, es cendol, es kelapa muda, es cincau, es geger dan sebagainya.
Dengan harga yang murah, es gempol khas Sampangan Semarang menjadi salah satu ikon kuliner khas Semarang, Jawa Tengah. Es gempol khas Sampangan Semarang juga menolong masyarakat sekitar yang datang ke sana untuk mengusir haus.
Es gempol khas Sampangan Semarang tak kalah rasanya dengan es gempol khas Pati, es gempol khas Rembang, es gempol di Kudus, es gempol Jepara, es gempol nikmat di Grobogan, es gempol khas Demak, es gempol khas Kendal, es gempol Solo, es gempol khas Salatiga, es gempol khas Batang, es gempol khas Kebumen, es gempol khas Pekalongan, es gempol khas Pemalang, es gempol khas Tegal, es gempol khas Wonosobo, es gempol khas Purbalingga, es gempol khas Banjarnegara dan sebagainya.
Es gempol adalah satu satu minuman segar yang berasal dari bahan baku gempol atau pleret yang dicampur dengan santan segar dari kelapa muda dan juga gula, baik gula pasir maupun gula cair. Gempo, diprosuksi dari adonan dari tepung beras yang dimasak rapi sehingga rasanya khas.
Tak heran, karena enak, banyak orang belajar dan mencari info cara membuat es gempol, resep es gempol, es gempol pleret Solo, resep es gempol Semarang, resep minuman es gempol, resep masakan es gempol, komposisi es gempol, bahan-bahan untuk membuat es gempol dan sebagainya.
Es gempol memang paling banyak ditemukan di Jawa Tengah. Namun, saat ini banyak minuman es gempol ditemui di Jakarta, es gempol di Bali, es gempol di Bandung, es gempol Medan, es gempol Surabaya, es gempol Jogjakarta, es gempol Depok, es gempol Riau, es gempol di Pekanbaru, es gempol di Sumatera, es gempol Palembang, es gempol Madura dan sebagainya.
(Laporan Kuliner Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini