Pilkada di Jateng: Pemasangan APK sudah menjamur di Kota Semarang.

Semarang, Antara Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) memastikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 21 kabupaten/kota d Jawa Tengah akan terlaksana secara serentak bersama-sama pada 9 Desember 2015 nanti. Hal itu dipastikan akan sesuai dengan tahapan yang sudah disepakati dan ditetapkan beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Jateng Drs Joko Purnomo pada Jumat (5/6/2015) mengatakan bahwa dari segi anggaran, semua kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar Pilkada serentak pada Desember 2015 nanti, telah menandatangani naskah perjanjian hibah daerah. “Anggarannya sudah bisa dicairkan serta digunakan,” ujar Joko di Semarang.

Alumni HMI tersebut juga mengatakan, sesuai dengan naskah perjanjian daerah, tercatat anggaran pilkada yang disediakan pemerintah kabupaten/kota totalnya mencapai Rp419.768.553.993. Menurut Joko, dana tersebut, secara bertahap sudah mulai ditransfer ke rekening masing-masing KPU kabupaten/kota di Jateng.

Dari data KPU Jateng, ada 21 kabupaten/kota di Jateng akan melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Sebanyak 21 daerah yang terdiri atas kabupaten/kota tersebut meliputi Kabupaten Pemalang, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga,Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang. Selain itu, juga Kota Semarang, Kota Pekalongan dan juga Kota Magelang

Di 21 daerah tersebut, sampai detik ini sudah banyak dipasang baliho para kandidat kepala daerah, baik bakal calon bupati, bakal calon wakil bupati, bakal calon walikota dan juga bakal calon walikota di masing-masing kabupaten/kota di Jateng tersebut.

Meskipun belum ada regulasi dan tahapan pendaftaran belum diumumkan, sudah banyak Alat Peraga Kampanye (APK) bertebaran di 21 daerah tersebut. Banyak para bakal calon memasang APK berupa baliho, spanduk, stiker dan poster untuk menarik perhatian masyarakat.

Menurut Joko, KPU Jateng menjelaskan ada petugas panitia pemilihan kecamatan atau PPK di 341 kecamatan dan penyelenggara pemungutan suara atau PPS di 5.233 desa/kelurahan sudah dilantik dan dilakukan bimbingan teknis. “Jumlah keseluruhan personel yang telah dilantik terdiri dari 1.705 petugas PPK dan15.699 petugas PPS,” beber mantan Ketua KPU Wonogiri Jateng tersebut. Tahapan pilkada serentak di 21 kabupaten/kota di Jateng saat ini, menurut Joko, sudah memasuki penerimaan dan penyerahan dukungan calon perseorangan. (Red-HJ34/Ant/Foto: Harian Jateng).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini