NGABUBURIT: Kawasan MAJT yang cocok untuk ngabuburit

Semarang, Harian Jateng – Siapa yang mau ngabuburit Ramadhan 2015 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. Ya, ngabuburit merupakan suatu budaya di Indonesia dalam menunggu waktu berbuka puasa, sekitar pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB, muda-muda berkumpul dan nongkrong untuk menjalankan berbagai aktivitas menjelang waktu mangrib.

Ngabuburit memang sudah favorit. Saking uniknya, budaya ini sudah mendunia. Bahkan banyak orang mencari informasi seputar ngabuburit, mulai dari pengertian ngabuburit, makna dan arti ngabuburit, pantun ngabuburit, arti ngabuburit, status ngabuburit pengertian ngabuburit, ngabuburit artinya, ngabuburit 2015, ngabuburit wikipedia, DP BB ngabuburit dan sebagainya.

Di dunia hiburan, baik di televisi, radio, juga banyak sekali digelar acara ngabuburit ditayangkan bahkan menjadi acara spesial ketika Ramadhan. Banyak orang mengenal budaya ngabuburit, bahkan idiom ini sudah menjadi perpaduan antara Islam, barat dan Jawa yang membumi di Indonesia.

Di Semarang sendiri, banyak sekali tempat yang cocok, representatif dan menyediakan takjil atau makanan berbuka puasa gratis, salah satunya adalah MAJT Semarang. Sebenarnya masih ada tempat lain, seperti kawasan Simpang Lima Semarang, Jalan Pahlawan Semarang, Pantai Marina Semarang, Pantai Maron Semarang, Sam Poo Kong, Kebun Binatang Mangkang, Lawang Sewu, Tugu Muda, Majid Baiturrahman, dan sebagainya.

Akan tetapi, MAJT sudah menjadi langganan para muda-muda untuk ngabuburit menjelang berbuka puasa di Kota Semarang, Tak hanya para remaja dan pelajar, banyak sekali mahasiswa, orang tua, masyarakat biasa, juga para ustaz dan sebagainya.

Untuk masuk di MAJT, anda cukup membayar uang parkir sekitar Rp.500 sampai Rp.1.000. Di sana, ada beberapa objek menarik yang bisa Anda jadikan tempat ngabuburit yang paling representatif bersama teman, keluarga, kekasih, dan sebagainya.

Di luar atau di depan pintu gerbang MAJT, biasanya juga tersedia berbagai macam makanan yang dijual yang siap memanjakan perut Anda ketika mangrib tiba. Anda tinggal memilih menu berbuka puasa pada bulan Ramadan 1436 H ini dengan sesuka Anda. Bisa mie ayam, bakso, nasi pecel, nasi kucing, soto, gudeg dan sebagainya.

Tiap daerah memiliki lokasi atau tempat ngabuburit andalannya sendiri. Tiap kabupaten/kota di Jawa Tengah juga demikian. Seperti tempat ngabuburit di Semarang, tentu berbeda dengan tempat ngabuburit 2015 di Kudus, tempat ngabuburit Demak, tempat ngabuburit Pati, tempat ngabuburit Jepara, tempat ngabuburit Blora, tempat ngabuburit Grobogan, tempat ngabuburit Kendal, tempat ngabuburit Batang, tempat ngabuburit Pekalongan, tempat ngabuburit Pemalang, tempat ngabuburit Tegal, tempat ngabuburit Brebes, Cilacap, tempat ngabuburit Kebumen dan juga tempat ngabuburit Cilacap.

Selain itu, lokasi itu juga berbeda dengan tempat ngabuburit favorit di Banyumas, tempat ngabuburit favorit Purbalingga, tempat ngabuburit favorit Banjarnegara, tempat ngabuburit favorit Purworejo, tempat ngabuburit favorit Karanganyar, tempat ngabuburit favorit Wonosobo, tempat ngabuburit favorit Solo, tempat ngabuburit favorit Boyolali, tempat ngabuburit favorit Klaten, tempat ngabuburit favorit Wonogiri, tempat ngabuburit favorit Magelang, tempat ngabuburit favorit Temanggung, juga Jogjakarta, tempat ngabuburit favorit di Jakarta, tempat ngabuburit favorit Surabaya, Medan, Riau, Depok, Bandung, Bali dan sebagainya. (Red-HJ28/Foto: Dian/Harian Jateng).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini