Home Ekonomi Mau Tahu Jumlah Harta Gubernur Jateng? Ini Data Lengkapnya

Mau Tahu Jumlah Harta Gubernur Jateng? Ini Data Lengkapnya

213
Ganjar Pranowo dalam acara di Wonosobo.

Semarang, Harian Jateng – Warga Jawa Tengah, pasti penasaran dengan jumlah kekayaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang akrab disapa Mas Ganjar atau pun Pak Ganjar tersebut. Banyak orang bertanya, berapa jumlah harta Gubernur Jateng dan datanya bagaimana? Pertanyaan tersebut pasti butuh jawaban yang detail.

Sesuai dengan laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada buulan April 2014, kekayaan Ganjar Pranowo tidak terlalu mengagetkan, bagi seorang polisitisi ulung yang pernah menjadi anggota DPR RI selama bertahun-tahun tersebut. Apalagi, Ganjar Pranowo sejak Agustus 2013 juga menjadi orang nomor satu di Jateng tentu diasumsikan memiliki harta melimpah.

Sesuai data dari KPK, Ganjar hanya memiliki harta sebesar Rp. 3,79 miliar pada tahun 2014 kemarin, atau simpulannya mengalami kenaikan sebesar Rp.700 juta jika dibandingan dengan tahun 2013 lalu. Hal itu tertuang pada pengumuman KPK atas harta kekayaan penyelenggaran negara berupa perubahan atas laporan harta kekayaan telah dilaporkan Ganjar selaku Gubernur Jateng tersebut.

Dari data yang ada, Ganjar memiliki giro dan setara khas lain yang jika dihitung sekitar Rp. 1,64 miliar kemudian disusul harta tidak bergerak, seperti rumah dan bangunan sekitar Rp. 1,04 miliar. Dari simpulan KPK, harta Ganjar sebagian besar didapat dari hasil sendiri, untuk sisanya yang lain, yaitu berupa warisan yang berada di Kabupaten Purbalingga, Jateng.

Di sisi lain, gubernur yang memiliki Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko tersebut juga memiliki harta bergerak, seperti beberapa kendaraan bermotor, yaitu Nissan Grand Livina (2009), Mitsubishi Pajero (2010), dan juga Nissan Teana (2013). Ganjar ternyata juga mengoleksi sepeda motor kuno, yaitu Honda Astrea (1994) jika dirupiahkan sekitar Rp2 juta saja.

Dari daftar asset yang dilaporkan Alumnus Fakultas Hukum UGM Yogyakarta kepada KPK tersebut, Ganjar Pranowo bisa dibilang sebagai salah satu pejabat yang tidak gemar mengumpulkan batu mulai. Sebab, koleksinya hanya tercatat sekitar Rp. 25 juta saja, hal itu pun didapat dari warisan. Selain itu, Ganjar memiliki logam mulia yang disimpan senilai Rp. 101,4 juta. (Red-HJ45/Ant/Foto: Jamil/Harian Jateng).    

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here