Home News Internasional Apakah Wisata Benteng Pendem Ngawi Angker? Ini Penjelasannya

Apakah Wisata Benteng Pendem Ngawi Angker? Ini Penjelasannya

Bagian dalam Benteng Pendem Ngawi

Apakah Wisata Benteng Pendem Ngawi angker? Tentu banyak orang bertanya seperti itu. Sebab, Wisata Benteng yang berada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini menjadi wisata yang usianya sangat lama. Wisata Benteng Pendem Ngawi ini menjadi alternatif wisata lintas provinsi, yaitu untuk warga Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Benteng Pendem Ngawi, dalam sejarahnya sangat akrab disebut dengan sebutan Benteng Van den Bosch. Akan tetapi, warga setempat lebih akrab menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Pendem Ngawi, yaitu sebuah benteng yang terletak di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang lokasinya dekat dengan Bengawan Solo dan Bengawan Madiun.

Sekitar tahun 1825 M, Ngawi Jawa Timur dulu berhasil direbut dan diduduki oleh penjejah kolonial Belanda. Dalam rangka untuk mempertahankan kedudukan dan fungsi strategis Ngawi serta menguasai jalur perdagangan, Pemerintah Hindia Belanda saat itu membangun sebuah benteng yang selesai pada tahun 1845 yaitu Benteng Van Den Bosch yang kini dikenal sebagai Benteng Pendem Ngawi.

Kemudian, Benteng Van Den Bosch tersebut dihuni tentara Belanda 250 orang bersenjatakan bedil, 6 meriam api dan 60 orang kavaleri dipimpin oleh Johannes Van Den BOSCH. Sampai saat ini, Benteng Pendem Ngawi ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi, wisata sejarah bagi warga setempat dan umumnya warga dunia.

Khusus untuk warga Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sangat dekat dengan lokasi Wisata Benteng Pendem Ngawi yang terjangkau dengan kendaraan seperti mobil dan kendaraan bermotor lainnya. Jadi destinasi wisata di Ngawi salah satunya adalah Wisata Benteng Pendem Ngawi yang dikenal sebagai salah satu wisata angker di Ngawi tersebut.

Selama ini banyak sekali orang mencari informasi seputar  Benteng Pendem pictures, sejarah Benteng Pendem Ngawi, mitos Benteng Pendem Ngawi angker, alamat Benteng Pendem Ngawi, lokasi Benteng Pendem Ngawi, penampakan Wisata Benteng Pendem Ngawi, peta Benteng Pendem Ngawi, letak Wisata Benteng Pendem Ngawi, harga tiket Wisata Benteng Pendem Ngawi, hotel Wisata Benteng Pendem Ngawi, wisata murah Ngawi dan lain sebagainya.

Dikarenakan usianya sudah lama, menurut warga setempat, banyak sekali penampakan di wisata tersebut. Akan tetapi, jika Anda ingin membuktikannya langsung, silahkan datang saja ke lokasi tersebut yang sangat menantang karena bangunannya juga tak kalah menarik dengan Wisata Lawang Sewu Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Angkernya Wisata Lawang Sewu Semarang, Mau Tahu Penampakannya?

Fasilitas Benteng Pendem Ngawi

Selain fasilitas benteng yang memiliki ukuran bangunan sekitar 165 m x 80 m dengan luas tanah 15 Ha, lokasi Benteng Pendem Ngawi juga menyediakan kantin, lahan parkir, tempat duduk, kios asesoris, kamar mandi dan lain sebagainya.

Sedangkan di luar lokasi Benteng Pendem Ngawi, yaitu di Taman Labirin juga ada objek yang bisa dimanfaatkan, seperti mobil-mobil kuno, gazebo dan lain sebagainya yang bisa dijadikan objek foto-foto para pengunjung.

Foto-foto Benteng Pendem Ngawi


Lokasi Benteng Pendem Ngawi
Lokasi Benteng Pendem Ngawi ini sangat staretegis. Sebab, Benteng Pendem Ngawi ini berada di di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang dekat dengan Alun-alun Ngawi, Pasar Kota Ngawi, dan lain sebagainya.

Dari segi geografis, letak Benteng Pendem Ngawi ini mudah dijangkau yakni dari Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi, yaitu kurang lebih – 1 Km arah timur laut. Lokasinya juga dekat dengan Taman Makam Pahlawan Dr. Radjiman Wedyaningrat Ngawi dan juga KPU Kabupaten Ngawi Jawa Timur.
Anda bisa ke lokasi Benteng Pendem Ngawi dengan naik kendaraan seperti mobil, taksi Ngawi, bus, angkutan umum, ojek, atau naik sepeda motor menuju lokasi wisata di Ngawi tersebut.

Harga Tiket Masuk Benteng Pendem Ngawi
Untuk Harga Tiket Masuk Benteng Pendem Ngawi sangat murah, perorang dikenakan biaya Rp. 10.000, dan untuk biaya parkir sepeda motor Rp.2.000 dan untuk mobil sekitar Rp.5.000.
Anda bisa ke lokasi Wisata Benteng Pendem Ngawi dengan berfoto-foto, karena di sana ada foto besar Van Den Bosch yang menjadi objek foto-foto para pengunjung.

(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Indra BK/Harian Jateng).

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version