Home Ekonomi Toko Buku Stadion Semarang, Gudangnya Buku Loakan dan Jadul

Toko Buku Stadion Semarang, Gudangnya Buku Loakan dan Jadul

2837
Salah satu pembeli saat menawar buku di Toko Buku Stadion Semarang

Semarang, Harian Jateng  – Toko buku Stadion Diponegoro Semarang yang berada di kompleks Stadion Diponegoro Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi gudangnya buku loakan, jadul, kuno dan buku-buku yang susah dicari. Bagi masyarakat pecinta buku, Toko Buku Stadion Semarang menjadi salah satu referensi membeli buku murah seperti harga pameran buku.

Lihat juga agenda: Perpustakaan Emha Ainun Nadjib Gelar Bedah Buku Gratis.

“Ya sudah lama saya langganan beli buku di sini, sejak dulu waktu kuliah di Unnes,” ujar Dian, warga Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang saat membeli buku di salah satu kios di kompleks Toko Buku Stadion Semarang, Kamis (10/9/2015).

Menurut dia, selain di Pasar Johar, lokasi Toko Buku Stadion Semarang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

“Kalau di Johar kan sudah hangus terbakar, jadi referensinya ya di sini,” ungkapnya kepada Harian Jateng.

Di Kota Semarang sendiri, banyak sekali toko buku mewah, seperti Toko Buku Gramedia Semarang, Duta Buku, Toko Buku Merbabu, kemudian juga ada Togamas yang beralamat di Jalan Mt. Haryono No. 872, Bangkong, Semarang dan lain sebagainya.

Dari pantauan Harian Jateng, tak hanya buku-buku jadul bersampul lusuh, namun di Toko Buku Stadion Semarang juga mengoleksi buku-buku terbaru, baik yang ngepop maupun yang ilmiah.

“Ya banyak, ada yang untuk anak TK, SD, SMP, SMA, dan ini juga untuk mahasiswa dan sastrawan,” ungkap Priyadi, pemiliki kios buku di komplek Toko Buku Stadion Semarang.

Menurut dia, yang paling banyak dicari adalah buku untuk anak-anak sekolah. “Kalau pas musim ajaran tahun baru pasti ramai,” bebernya.

Harga Kiloan
Dari penuturan Supriyadi, harga buku di Toko Buku Stadion Semarang bukan dari jenis buku, kualitas buku, dan tahun terbit buku, melainkan dari berat dan dihitung kiloan.

“Ya sistemnya memang kiloan, kami beli juga kiloan. Jadi tanpa tahu daftar harganya, kalau tahu tebalnya bisa menaksir tanpa pakai kalkulator,” jelas dia.

Akan tetapi, untuk buku-buku yang baru, menurut dia, harganya berbeda dengan yang lama atau loakan.

“Kami biasanya menerima pesenan juga, namun biasanya kami stok lebih awal, kan di sini modelnya patungan beli kiloan,” paparnya.

Meskipun tempatnya berjejal, akan tetapi lokasi Toko Buku Stadion Semarang menjadi salah satu gudang buku loakan di Kota Semarang.

Tak hanya buku dari disiplin ilmu hokum, fisika, kimia, pendidikan, ekonomi, sosial, agama, budaya, namun buku-buku yang mengangkat tokoh-tokoh dunia juga bejibun di lokasi tersebut. (Red-HJ58/Foto: Harian Jateng).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here