Wayang golek

Pemalang, Harian Jateng – Gelaran Wayang Golek semalam  suntuk yang dilaksanakan  kamis (3-11-2015) di lapangan Mulyoharjo, pemalang di hadiri kurang lebih 12 ribu penonton, lapagan penuh dengan penonton. Di mana penontot dengan tertib duduk serta mengelar tikar ataupun alas duduk yang lainnya.

Terlihat sangat guyup dan rukun dalam mengikuti pertunjukan ini. Gelaran ini mengambil judul cerita “Kembang Wijaya Kusuma”, dengan dalang kondang dari Tegal Ki Enthus Susmono, yang juga menjabat Bupati Tegal saat ini.

Gelaran wayang golek ini diselenggarakan oleh relawan dan simpatisan SEMAR, yang mengusung Mukhammad Arifin-Romi Indiarto pada hajatan Pilkada Pemalang kali  ini. Menurut ketua penyelenggara yang sekaligus ketua tim sukses SEMAR  bung Kenzo Putra, dari awal menyatakan bahwa acara ini bukan bentuk Kampanye terbuka karena tidak ada atribut paslon, atribut partai dan materi dalam pedalangan ini Ki dalang juga tidak menonjolkan paslon serta tidak mengajak penonton untuk memilih salah satu pasangan calon tertentu..

Lebih lanjut menurut Kenzo,  “Penyelenggaraan Pentas Budaya ini bertujuan menciptakan situasi politik di masyarakat Pemalang yang santun. Di mana masyarakat tidak disuguhi oleh hal hal yang anarkis, tetapi mencoba satu hal baru dimana masyarakat perlu dihibur, sehingga tidak lagi mencari dukungan atau simpati masyarakat melainkan murni hiburan untuk masyarakat”

“Harapan utama dari gelaran ini adalah adanya pembelajaran politik bagi  masyarakat. Bagaimana memperlihatkan berpolitik yang santun, elok dan indah, dan tidak ada bagi bagi uang, sembako dan lainnya untuk menarik simpati masyarakat, tetapi masyarakat lebih terbuka untuk menentukan pilihannya, inilah proses demokrasi di masyarakat,” imbuh Kenzo lebih lanjut. (Red-HJ99/Sarwo Edi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini