Bupati Brebes Idza Priyanti

Brebes, Harianjateng.com – Dukungan Pemerintah Kabupaten Brebes terhadap program kaeluarga berencana berbuah manis dengan diterimanya penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo kepada Bupati Idza Priyanti pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2016.

Idza menjelaskan bahwa banyak kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab Brebes untuk mendorong keberhasilan program KB mulai dari menggratiskan pelayanan KB selama dua bulan di puskesmas dan RSUD selama dua bulan serta Idza yang menjadi contoh sebagai akseptor KB.

Setelah kehamilan kedua, Idza langsung menggunakan kontrasepsi jangka panjang (MKJP) IUD. Idza memiliki empat anak (dua kembar) dan satu di antaranya anak angkat.

“Laju pertumbuhan penduduk di Brebes harus ditekan menginggat penduduk Brebes sudah mencapai 1,7 juta jiwa lebih,” katanya.

Pemkab Brebes juga telah menyusun grand design pengendalian kuantitas penduduk Kabupaten Brebes dan bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan untuk dapat mendulang juara perolehan akseptor KB se-Jateng.

Kepala BKBPP Kabupaten Brebes Khambali menjelaskan hingga akhir Juni 2016 data peserta KB Baru di Kabupaten Brebes mencapai 23.839 akseptor. Peserta KB Baru tersebut terdiri dari MKJP sebanyak 3.944 akseptor dan nonMKJP sebanyak 19.839 akseptor.

Selain Penghargaan Manggala Karya Kencana, prestasi yang telah diraih BKBPP antara lain Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tahun 2013, Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari kementerian PPPA (2013).

Kemudian Juara 1 perolehan Akseptor KB terbanyak Muslimat NU tingkat Jateng (2014), KLA tingkat Madya dari Kementerian PPPA (2015), Juara 3 Klinik KB puskesmas Larangan tingkat Jateng (2015).

Juara 3 Peserta KB Lestari tingkat Jateng (2015), Juara 1 Akseptor KB terbanyak Muslimat NU tingkat Jateng (2015), serta Juara harapan 1 Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat Jateng (2015). (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini