Para juara saat foto bersama.

Purworejo, Harianjateng.com – Sedikitnya, ada sekitar 22 grup musik religi Hadroh dari berbagai desa/kelurahan se-Kecamatan Banyuurip bersaing dalam Gebyar Hadroh Tahun 2016, Minggu (07/08/2016).

Ajang yang diprakarsai oleh TP PPK Kecamatan Banyuurip tersebut berlangsung semarak di kompleks Masjid Baitul Mukhlisin Kelurahan Kledung Karangdalem. Selama sehari, kegiatan juga dimeriahkan dengan gelaran bazar yang menampilkan berbagai produk UMKM.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) I PKK Kecamatan Banyuurip Hj. Piyani menjelaskan, Gebyar Hadroh merupakan program kerja tahunan Pokja I PKK Kecamatan Banyuurip sebagai media silaturahmi dan membangkitkan seni Hadroh.

“Penyelenggaraannya bergilir. Tahun 2017 akan digelar di Desa Kliwonan dan tahun 2018 di Borowetan,” imbuh dia.

Drs. Bambang Sugiri, M.Si., saat membuka kegiatan mengaku bangga dengan kinerja PKK di bidang seni dan keagamaan tersebut. Menurutnya, Gebyar Hadroh menjadi salah satu terobosan strategis bagi kaum ibu untuk turut serta dalam mensyiarkan Islam.

“Saat ini di Kecamatan Banyuurip untuk setiap desa/kelurahan rata-rata sudah ada 2 hingga 3 kelompok hadroh. Harapannya ke depan kelompok hadroh di setiap desa semakin banyak,” jelasnya.

Sambutan Bupati Agus Bastian yang dibacakan Fatkhurrohman, MM. mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan yang telah teragenda tersebut. Menurutnya, Gebyar Hadroh menjadi salah satu upaya melestarikan budaya lokal di tengah ancaman dari penetrasi budaya asing yang memiliki dampak negatif.

“Generasi muda harus mengambil peran untuk turut serta membentengi pengaruh negatif budaya asing,” beber dia.

Ketua Panitia Sunarto didampingi Wakil Ketua Retno Waluyo, menjelaskan, setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk tampil di atas panggung menampilkan lagu wajib Ya Asriqal Mustafa dan satu lagu pilihan. Penampilan peserta dinilai dewan juri terdiri atas Sri Setiyarsih, Bugiyanti dan Ani Widiastuti.

Sesuai dengan hasil penilaian Juri, Juara I disabet Grup Gema Annisa Kelurahan Kledung Karangdalem RW 1. Juara II dan III berturut-turut diraih grup Al Istiqomah Kelurahan Borokulon dan grup Az Zahro Desa Borowetan.

Sementara untuk juara harapan I-III berturut-turut diraih grup Alkaromah Desa Seboro Krapyak, Al Istiqomah Kledung Karangdalem RW 3, dan Al Hidayah Kledung Karangdalem RW 4.

“Juara I-harapan III mendapatkan tropi tetap Bupati Purworejo. Tropi bergilir dari PKK Banyuurip untuk juara terfavorit diraih grup Gema Annisa,” tandas dia.

Selain sejumlah kejuaraan itu, panitia juga memberikan hadiah hiburan berupa uang pembinaan dan bingkisan bagi sejumlah peserta.

“Penilaian dilakukan secara profesional dan objektif karena Juri hanya mengetahui nomor undi saat peserta tampil,” pungkasnya. (Red-HJ99/alwin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini