Ilustrasi

Semarang, Harianjateng.com – Balai Bahasa Jawa Tengah mengharapkan bahasa Jawa jangan hanya menjadi muatan lokal di sekolah namun harus disejajarkan dengan pelajaran-pelajaran umum lainnya.

“Banyak usulan bahwa pembelajaran bahasa Jawa di sekolah harus bersifat mandiri, bukan cuma bersifat muatan lokal,” kata Kepala Balai Bahasa Jateng Pardi Suratno di Semarang, Jumat (12/8/2016).

Hal tersebut diungkapkannya usai “Sarasehan Bahasa dan Sastra Jawa untuk Prakongres Menyongsong Kongres Bahasa Jawa (KBJ) di Yogyakarta, 8-12 November 2016” di Wisma Perdamaian, Semarang.

Dengan disejajarkannya pembelajaran bahasa Jawa dengan pelajaran-pelajaran lainnya di sekolah, lanjut dia, tujuan pembelajaran bahasa daerah terhadap generasi muda akan bisa tercapai.

Ia mengakui usulan itu merupakan masukan dari berbagai kalangan, termasuk sastrawan dan budayawan di Jateng yang akan disampaikan pada Kongres Bahasa Jawa di Yogyakarta, November mendatang.

“Kami menjaring masukan dari berbagai kalangan. Semua sepakat telah terjadi kemerosotan pengajaran bahasa Jawa yang mengakibatkan generasi muda kurang mahir dalam berbahasa Jawa,” katanya.

Dampaknya, lanjut dia, berpengaruh terhadap perilaku generasi muda di Jateng sekarang ini yang tidak mencerminkan kebudayaan Jawa karena mereka sendiri tidak memahami bahasa daerahnya.

“Diharapkan, pengajaran bahasa Jawa, baik di sekolah maupun keluarga dikuatkan kembali agar generasi muda memahami bahasa ibu (daerah), sekaligus untuk pembinaan karakter bangsa,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk mewajibkan pembelajaran bahasa Jawa di sekolah, dan untuk Jateng sekarang ini sudah menjadi pelajaran muatan lokal wajib di sekolah.

“Sebaiknya, bahasa Jawa tidak cuma jadi muatan lokal. Namun, setara dengan pelajaran-pelajaran umum lainnya. Jadi, bahasa Jawa bukan lagi menjadi pelajaran yang disia-siakan,” ungkapnya.

Untuk menunjang pengajaran bahasa Jawa, Pardi mengatakan sumber daya manusia (SDM), yakni guru-gurunya yang akan mengampu pelajaran tersebut harus benar-benar disiapkan secara baik. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini