Magelang, Harianjteng.com – Perhelatan HUT Ke-66 Provinsi Jawa Tengah yang digelar di Kota Magelang dengan beragam kegiatan dikemas dalam konsep pesta rakyat diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Magelang, Hartoko di Magelang, Jumat (12/8/2016), memastikan Kota Magelang akan ramai dengan kegiatan tersebut.

Ia mengatakan salah satu kegiatan ada karnaval yang diikuti 35 kabupaten/kota di Jateng dengan jumlah peserta ribuan. Beberapa peserta dari luar daerah Provinsi Jateng juga menjadi pendukung acara.

“Estimasi kami setiap kabupaten/kota mengirim sekitar 70 orang perwakilan. Bahkan mungkin lebih, maka hotel-hotel dari kelas melati hingga berbintang di Magelang akan penuh,” katanya.

Ia mengatakan sekarang sedang dilakukan persiapan untuk menyukseskan pesta rakyat yang mengusung tema atraktif, edukatif, dan amal, antara lain menyiapkan 50 tempat yang akan digunakan sebagai basecamp peserta.

Ia menuturkan pihaknya akan meminjam sekolah, bahkan kelurahan. Para peserta memerlukan tempat luas untuk dandan dan menghias mobil.

Menurut dia dari sektor pariwisata, perhelatan itu menjanjikan. Jumlah wistawan akan meningkat dan destinasti wisata akan ramai, seperti Taman Kyai Langgeng, Gunung Tidar, dan museum-museum. Masyarakat bisa menangkap peluang ini dengan menyiapkan cindera mata.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan selain hotel, pusat kuliner, pusat perbelanjaan modern hingga pasar tradisional akan ramai. Jasa transportasi juga akan menggeliat.

“Masyarakat harus menjadi tuan rumah yang bagus, dan melayani tamu dengan baik,” ujarnya.

Ia mengimbau warga Kota Magelang agar tetap menjaga imej sebagai kota Adipura. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini