Danlanud Adi Soemarmo, Kol (Nav) Agus Priyanto, melakukan penanaman pohon di Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Sabtu (13/8/2016). (Bambang Dwi Marwoto/dokumen).

Boyolali, Harianjateng.com – Anggota TNI Angkatan Udara yang bertugas di Lanud Adi Soemarmo bersama Semutireng Community membantu masyarakat menanam 1.000 pohon di Desa Glonggong, Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2016).

Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Nav Agus Priyanto di Boyolali, Sabtu, kegiatan penanaman 1.000 tanaman buah tersebut dukungan dari Perum Percetaan Uang Republik Indonesia (Peruri) dalam rangka Hari Bakti Ke-69 TNI AU dengan tema “Adventure Community Gatering 2016 Go Green”.

Ia mengatakan penghijauan merupakan daya untuk memulihkan, memelihara, meningkatkan kondisi lahan, agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air maupun pelindung lingkungan.

Bahkan, katanya, penghijauan juga dapat menghijaukan kota atau tempat pengelolaan taman-taman kota dan lingkungannya.

Menurut dia, manfaat dari kegiatan penghijauan tersebut, antara lain mengurangi dampak pemanasan global yang sudah dirasakan beberapa tahun terakhir ini, dengan adanya pergeseran waktu musim. Pada Agustus seharusnya sudah masuk musim kemarau, tetapi ternyata masih sering turun hujan.

Dia mengatakan penanaman pohon manfaatnya besar, antara lain menahan erosi dan menurunkan suhu sekitar, sehingga udara terasa sejuk, nyaman, serta higienis karena sifat pohon yang menghasilkan Oksigen (O2) dibutuhan oleh manusia.

“Kami bersama Semutireng Community berpartisipasi dengan mengadakan penanaman pohon jenis tanaman buah-buahan seiring dengan program pemerintah untuk kepentingan penghijauan,” katanya.

Pihaknya bersama Semutireng Community pada puncak kegiatan 21 Agustus 2016 mengadakan pengobatan gratis di Markas Lanud Adi Soemarmo.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan atau pengobatan, termasuk membutuhkan kacamata bantu, dipersilakan hadir dalam kegiatan itu.

“Kami mengadakan pengobatan gratis di Markas Lanud Adi Soemarmo, yang digelar pada 21 Agustus mendatang,” katanya.

Pihaknya melakukan penanaman pohon dan memberikan bantuan tanaman buah kepada masyarakat di Kecamatan Nogosari agar dirawat dengan baik sehingga hasilnya dapat bermanfaat.

Ia juga berharap, ke depan masyarakat setempat dapat membudidayakan tanaman buah tersebut sehingga daerahnya juga mudah dikenali sebagia ciri khas sentra buah seperti durian atau kelengkeng Nogosari.

Kepala Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perum Peruri F.X. Sugiyanto mengatakan Perum Peruri merupakan BUMN yang mendapat tugas pencetakan uang dari negara dan dokumen sekuriti memberikan dukungan kegiatan TNI AU Lanud Adi Soemarmo bersama Semutireng Community yang memprakasai penanaman pohon di Desa Glonggong Nogosari Boyolali dalam rangka Hari Bakti Ke-69 TNI AU, sekaligus peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2016.

Ia menjelaskan kegiatan bersifat tanggung jawab sosial perusahaan sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk mendukung program-program pemerintah, salah satunya penghijauan.

Pihaknya berharap, bantuan bibit tanaman buah tersebut dapat ditanam dengan baik dan dikembangkan untuk dibudidayakan di daerah setempat sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini