Ilustrasi

Cilacap, Harianjateng.com – Harga cabai merah keriting dan cabai rawit hijau di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, melonjak akibat tingginya curah hujan di wilayah itu.

Dari pantauan di Pasar Sidodadi dan Pasar Gede, Cilacap, Selasa (16/8/2016) harga cabai merah keriting naik dari Rp23.000 per kilogram menjadi Rp25.000 per kilogram sedangkan cabai rawit hijau naik dari Rp28.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram.

Sementara untuk cabai merah besar masih bertahan di kisaran Rp20.000-Rp21.000 per kilogram dan cabai rawit merah di kisaran Rp42.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang sayuran, Wagino mengatakan kenaikan harga cabai merah keriting dan cabai rawit hijau itu terjadi akibat tingginya curah hujan di wilayah Cilacap dan sekitarnya.

“Banyak tanaman cabai yang rusak akibat hujan sehingga pasokan ke pedagang berkurang. Bahkan, banyak cabai yang membusuk sehingga harganya melonjak,” katanya.

Ia memperkirakan harga cabai rawit merah dan cabai besar merah akan ikut melonjak jika kondisi cuaca masih sering turun hujan.

Selain cabai, harga daging ayam potong juga melonjak dari Rp29.000 per kilogram menjadi Rp31.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang daging ayam, Reni mengatakan kenaikan harga tersebut terjadi akibat tingginya permintaan dari konsumen sedangkan pasokan cenderung berkurang.

“Saat ini banyak orang yang menggelar hajatan sehingga permintaan dari konsumen meningkat. Padahal, pasokan dari peternakan cenderung berkurang,” katanya. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini