Ilustrasi

Solo, Harianjateng.com – Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak mengajukan permohonan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) melalui layanan dalam jaringan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkot Surakarta Suwarto di Solo, Selasa (16/8/2016) mengatakan realisasi pelayanan melalui sistem dalam jaringan untuk pembuatan E-KTP bagi warga setempat tinggal menunggu pembuatan piranti lunak atau “software”.

“Anggaran pembuatannya bakal dialokasikan dalam APBD Perubahan 2016. Akhir tahun ini ditargetkan ‘software’ sudah siap,” katanya.

Ia mengatakan soal penyiapan piranti keras atau “hardware” maupun pengelola layanan tersebut, tidak menemui kendala.

“Jumlah sumber daya manusia Dispendukcapil kami anggap cukup. Sudah banyak pula yang mampu mengelola ‘website’,” katanya.

Dia mengatakan teknis pelayanan dalam jaringan E-KTP bakal merujuk proses pendaftaran pembuatan paspor yang sudah diterapkan Kantor Imigrasi.

“Masyarakat yang akan membuat KTP Elektronik cukup mendaftarkan secara ‘online’. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi dalam situs ‘service’ Dispendukcapil, yaitu www.dispendukcapil.surakarta.go.id.,” katanya.

Selanjutnya, ujarnya, pemohon bisa mendatangi kantor dinas, sembari membawa salinan persyaratan untuk diverifikasi. Sesudah diverifikasi petugas, maka kartu identitas pemohon bisa langsung dicetak.

“Ya model pelayanan ini diharapkan bisa mengurangi jumlah pengantre di kantor dinas maupun kecamatan. Waktu yang diperlukan pemohon juga dapat dioptimalkan, karena sudah melakukan pendaftaran ‘by online’,” kata Suwarta.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Surakarta Achmad Sapari meminta Dispendukcapil menyiapkan pelayanan dalam jaringan tersebut sesegera mungkin.

“Kalau proses pembuatan KTP dibuat semakin mudah, dengan sendirinya kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan juga meningkat,” katanya .

Soal besaran anggaran yang bakal dikucurkan dalam APBD Perubahan mendatang, Achmad Sapari mengaku belum bisa memastikan, tetapi yang terpenting semua disiapkan terlebih dahulu, termasuk SDM. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini