Eka-Astrid terpilih sebagai Duta Wisata Kota Magelang 2016 melalui final kegiatan itu pada Senin (15/8/2016) malam. (Anggit Pamungkas/Humas Pemkot Magelang).

Magelang, Harianjateng.com – Eka Budianto-Millenia Astrid P. terpilih sebagai Duta Wisata Kota Magelang 2016 karena berbagai kelebihan dibandingkan dengan para kontestan lainnya, khususnya tentang penguasaan atas potensi pariwisata di daerah setempat.

Juara kedua diraih pasangan Peter Baskoro-Eirene Maharani dan juara ketiga Respati Dandi P. dan Aisyah Sekar A, sedangkan juara atribut, yakni Melkior Chrisna A. dan Ega Cania (intelegensia), Nanda Aji Pangestu dan Aulia Ramadhani (kepribadian), serta Athalla Naufal R. dan Devana Aira Jelita (persahabatan).

Juara favorit diraih Rivan Adhitamas yang meraih dukungan melalui pesan singkat mencapai 44,44 persen dan Dewanty Anantasari 27,12 persen.

Pada juara dalam final pemilihan Duta Wisata Kota Magelang 2016 pada Senin (15/8/2016) malam itu, memperoleh uang pembinaan dan hadiah dari sponsor.

Salah satu juri pidato dan kepribadian, Maria Yospehine Hariyati, menyebut mereka sebagai yang terbaik di antara yang terbaik, setelah melalui berbagai tahapan penilaian oleh para juri.

“Penilaian tidak hanya semalam, tetapi para juri mencari sosok yang benar-benar pas menjadi Duta Wisata,” katanya.

Para kontestan menjalani berbagai tahapan, antara lain tes tertulis dan wawancara terkait dengan pembangunan daerah, pengetahuan umum, kepariwisataan, pidato, pembangunan karakter, peragaan busana, dan seni budaya.

Terkait dengan penilaian di lapangan, para juri juga fokus pada persoalan sopan santun, kemandirian, etika berbusana, keserasian busana dan penampilan, serta intelegensia.

Pada pemilihan Duta Wisata Kota Magelang 2016 bertema “Menjangkau Lebih Luas” itu, juga ditandai dengan peragaan busana batik Magelangan karya desainer kondang Magelang dan kehadiran Putri Indonesia Jateng 2015.

Selain itu, parade tamu daerah, yakni para Duta Wisata Kabupaten Kulon Progo, Bantul, Kota Semarang, Sukowati, Purworejo, Kabupaten Magelang, Sragen, dan “Mas Mbak Jateng”.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengharapkan Duta Wisata Kota Magelang yang terpilih mampu mempertahankan dan meningkatkan keunggulan kepariwisataan setempat.

Pemilihan Duta Wisata, katanya, bagian dari upaya pemkot membangun dunia kepariwisataan dan pelestarian nilai seni dan budaya nasional.

“Ajang ini menjadi momentum yang pas untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni dan budaya Kota Magelang,” katanya. (Red-HJ99/hms).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini