Yoyok Riyo Sudibyo Bupati Batang. (snd-dok).

Batang, Harianjateng.com – Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo minta rakyat ikut menjaga keuangan pemerintah daerah yang akan digunakan untuk keperluan pembangunan daerah.

“Jangan takut untuk bertanya pada pemerintah, apakah bupati dan wakil bupati, DPRD, camat, dan kepala desa karena hal itu adalah sepenuhnya hak rakyat,” kata Yoyok pada upacara Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia, di Batang, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2016).

Menurut dia, perekonomian daerah masih sangat tergantung pada belanja pembangunan oleh pemerintah dan itu pun jumlahnya tidak relatif banyak.

“Oleh karena, jika uang rakyat yang tidak begitu relatif banyak itu lenyap akibat tidak transparannya pengelolaan anggaran oleh pemerintah,” katanya.

Kendati demikian, kata dia, sebaliknya, jika rakyat juga harus aktif mencari tahu, menggali informasi, bagaimana agar uang rakyat itu dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk keperluan pembangunan.

Ia mengatakan jika pemerintah dan rakyat dapat bersinergi maka Kabupaten Batang dipastikan akan lebih maju dan berkembang.

“Saat ini, sudah tidak zamannya pemerintah minta ditakuti dan dilayani. Akan tetapi sebaliknya pemerintah berkewajiban melayani dan menjadi mitra diskusi masyarakat dalam suasana kekeluargaan,” katanya.

Ia minta pada rakyat memberikan kritik membangun dalam koridor kesantunan sebagai upaya menjaga arah pembangunan tetap pada jalurnya.

Sebaliknya, kata dia, masyarakat juga harus menerima kritik dan saran dari pemerintah karena tidak perlu ada yang merasa paling benar melainkan adanya keinginan untuk saling memberi masukan dan saling mendengarkan, saling asah, asih, dan asuh demi kemajuan daerah.

“Mari kita sama-sama berjuang menegakkan transparansi dan pemerintahan yang bersih agar tujuan membangun daerah benar-benar bermuara pada kebahagiaan rakyat,” katanya. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini