Wakil Gubernur Jateng (tengah) saat menghadiri pembukaan PPAK Unnes.

Semarang, Harianjateng.com – Generasi muda di berbagai daerah dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam berbagai hal agar mampu menghadapi persaingan global.

“Kecerdasan tidak lagi cukup sebagai bekal untuk menghadapi era persaingan global, justru kreativitas dan inovasi yang menentukan kesuksesan seseorang,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Kamis (18/8/2016).

Hal tersebut disampaikan Heru saat membuka Pembukaan Kegiatan Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) Universitas Negeri Semarang 2016.

Mantan Bupati Purbalingga itu mengaku beberapa hari lalu mengikuti acara peringatan Hari Teknologi Nasional Ke-2 yang dipusatkan di Kota Surakarta dan kemudian berpikir perlu ada pemikiran yang kreatif serta inovatif dari tiap generasi muda.

“Kecerdasan dan kreativitas merupakan dua faktor penting yang menentukan kesuksesan seseorang pada masa mendatang,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Makna kesuksesan tersebut, kata Heru, tidak sebatas kebanggaan bagi diri sendiri karena yang menjadi kesuksesan sejati adalah apabila seseorang mampu membawa lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik.

“Jadilah orang sukses yang memikirkan lingkungan di sekitarnya dengan pemikiran yang kreatif serta inovatif,” katanya.

Sebagai upaya agar generasi muda berpikiran kreatif dan inovati, Pemprov Jateng melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Jateng menggelar lomba kreatifitas dan inovasi masyarakat tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

Lomba tersebut bertujuan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya iptek dalam kehidupan sehari-hari dan juga mendorong kreatifitas serta inovasi iptek dalam diri masyarakat guna meningkatkan daya saing yang pada akhirnya akan memajukan bangsa. (Red-HJ99/Ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini