Kepala desa Jurangmangu ketika menyambut kedatangan tim ekspedisi.

Pemalang, Harianjateng.com – Ada tradisi unik di Pemalang, Jawa Tengah. Usai melalui perjalanan yang melelahkan 7 (tujuh) orang ekpedisi yang mengemban tugas mengambil air di 7 (tujuh) sumber mata air di lereng Gunung Slamet, yaitu sumber mata air Suyud, Sipendok, Gombong, Silengse, Sampyang Gorang, Gondang dan Curug Ilang, mereka akhirnya kembali dengan selamat.

Dalam perjalanannya, mereka didampingi oleh 2(dua) orang tim Orari, 2(dua) orang tim kesehatan dan 4(empat) orang tim dokumentasi kini tepat pukul 18.00 wib mereka kembali dengan selamat dengan dikawal beberapa banser ke Balai desa Jurangmangu tempat di mana mereka dilepas untuk melaksanakan ekpedisi dan disambut kembali oleh Kepala Desa Jurangmangu Sugondo yang didampingi oleh 12(dua belas) kepala Desa se-kecamatan Pulosari, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Tampak mereka dengan wajah lelah bercampur rasa syukur dan bangga telah berhasil mengemban amanat dengan membawa lodhong yang digunakan untuk membawa air “banyu panguripan” dan selanjutnya lodong tersebut diletakan ditempat yang telah di sediakan untuk mengikuti ritual selanjutnya. (Red-HJ99/Joko longkeyang).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini