Solo, Harianjateng.com – Sebanyak 122 peserta yang mendaftar Putra Putri Solo (PPS) 2016 mengikuti tes tertulis dan sesi berbicara di depan umum (public speaking). Hal itu dikatakan Projec Director PPS R.Ay Febri Hapsari Dipokusumo. Dari awal, pendaftar PPS Solo 2016 memang merangkak naik sedikit demi sedikit.

“Tes public speaking ini merupakan hal baru dalam pemilihan PPS tahun ini dan telah digelar Senin (22/8/2016) di Bale Tawangarum Balai Kota Surakarta,” kata R.Ay Febri Haosari Dipokusumo di Solo, Selasa (23/8/2016).

Ia mengatakan untuk tes “public speaking” itu komposisi nilainya cukup tinggi bagi peserta. Ini merupakan baru ada dalam sistem screaning PPS tahun ini sedangkan tahun lalu tidak ada.

Dikatakan dalam pemilihan PPS ini untuk mencari duta wisata Kota Solo. Jika mereka tidak bisa bicara maka tidak punya daya tarik, ada peserta yang ikut tes tertulis atau wawancara hasilnya cukup bagus.

“Yang lolos tes tertulis dan ‘public speaking’ ini baru boleh ikut tes wawancara, kalau tidak maka tidak lolos. Jadi public speaking ini cukup menentukan untuk bisa melangkah ke tes selanjutnya,” katanya.

Ia mengatakan lewat tes “public speaking” ini untuk mengasah mental para peserta karena akan dilihat banyak orang saat bicara. Dalam “public speaking” ini mereka bebas mau menggunakan bahasa apa, Indonesia, Inggris atau Jawa. “Beda jika tes wawancara yang hanya duduk di hadapan juri, kalau public speaking dilihat banyak orang maka akan kelihatan,” katanya.

Dikatakan dari 122 peserta dengan komposisi 86 putri dan 36 putra, nantinya akan diambil 20 putra dan 20 putri untuk mengikuti tes wawancara. Jadi ini cukup ketat karena hanya diambil 40 peserta baik putra dan putri, untuk tes wawancaranya itu.

Setelah tes wawancara maka peserta akan ada penilaian lagi tentang kebudayaan, pariwisata, wawasan umum, kepribadian dan bahasa Inggris. Nanti akan diambil 20 peserta dengan komposisi 10 putra dan 10 putri sebaga finalis PPS.

“Setelah terpilih akan dilakukan masa orientasi, 24 Agustus sampai final pemilihan PPS, 3 September mendatang,” katanya. (Red-HJ99/ant).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini