Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S Pesat) Andi Rustono Bersama Mochammad Imron Distributor Jenderalium wilayah Pekalongan dan beras sehat.

Pemalang, Harianjateng.com – Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S PESAT) yang bermarkas di Padepokan Lintang Kemukus Sirau, Kelurahan Paduraksa, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah baru – baru ini meluncurkan beras sehat organik dengan diberi nama/trade mark Pemalang.

Ketua P4S Pesat Andi Rustono ketika diwawancarai di pusat Pelatihan P4S Pesat, Sirau Paduraksa Selasa(6/19/2016) mengatakan bahwa pihaknya cinta Pemalang oleh karena itu beras sehat dihasilkan oleh P4S Pesat kami beri nama daerah-daerah unggulan wisata di Kabupaten Pemalang seperti: Bengkawah Aromaticrice (Nama Curug Bengkawah di Kecamatan Belik), Sintren Aromatic Rice( Nama kesenian Khas Pemalang).

“Kemudian Beras Merah Beras Kesehatan, Brown Rice Beras Kesehatan( menurunkan Diabetis, Kolestrol, melawan Kanker, Melindungi Jantung, Jasmin rice aromatic, beras tersebut mempunyai keistimewaan untuk kesehatan yang berbeda-beda,” jelas Andi.

Selain itu Andi juga menjelaskan Metode panaman padi yang dilakukan oleh P4S Pesat adalah menggunakan Systim Of Rice Intensification(SRI) dan jajar legowo petani yang malakukan pelatihan kami bimbing dengan teori dan praktek tahap demi tahap dimulai tahap satu penyemaian.

“Tahap dua benih winih usia 7-12 hari siap dibawa ke sawah untuk ditanam, tahap ke tiga penanaman dengan cara digaris, dan tahap ke empat pemupukan dengan pupuk organik, serta tahap akhir panen serta menghasilkan beras organik,” jelas Andi Rustono.

Terkait pemupukan Andi mengatakan mendapat Spot dari Jenderalium, sebuah pupuk Organik Cair  yang diproduksi oleh Yayasan Panglima Besar (Pangsar) Soedirman.

Mochammad Imron Koordinator Yayasan Pangsar Soedirman Penghasil Pupuk Cair “Jenderalium” wilayah Pekalongan, Batang, Pemalang ketika diwawancarai di tempat yang mengatakan ia salut dan sangat apirasi terhadap pimpinan P4S Pesat. “Sehingga  kami Yayasan Pangsar Soedirman yang
memproduksi pupuk organik cair dengan merk “JENDERALIUM”, ikut ambil bagian dan menspot apalagi produksi beras sehatnya bertujuan untuk mengangkat nama kabupaten Pemalang,” Ujar Imron.

Lebih lanjut Imron mengatakan Jenderalium bertujuan untuk membantu petani meningkatkan hasil produksi dan salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani terhadap hasil panen padi melalui penyemprotan dan  berfungsi sebagai decompozer, neutralizer, fertilizer, mempercepat fase pertumbuhan tanaman, meningkatkan produksi atau rendemen, menambah dan memeprtahankan unsur hara dalam tanah, mencegah penyakit akibat bakteri, virus dan jamur patogen dan dapat diaplikasikan pada musim kemarau.

Dan yang lebih penting tentang pertanian, sesuai dengan misi dari Yayasan Pangsar Soedirman adalah menjadikan tanah Indonesia menjadi tanah yang subur seperti sedia kala, dan berharap melalui produk Jenderalium tidak hanya menyehatkan tanah, menyehatkan tanaman, tapi juga menyehatkan kita yang memakannya.(Red-HJ99/Joko Longkeyang).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini