Edi Susanto Kepada Dusun Pitulasi.

Cilacap, Harianjateng.com  –  Kepada Dusun Pitulasi, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipari, Cilacap, Jawa Tengah, Edi Susanto menyatakan,  dengan dibangunnya saluran irigasi di dusunya melalui TMMD Kodim Cilacap, nantinya pemanfaatan air sungai bisa maksimal, sehingga menyuburkan lahan pertanian warga.

Edi Susanto yang juga Ketua Kelompok Tani “Dewi Sri’’ di Dukuh Piulasi,  menjelaskan, dengan bisa memanfaatkan air sungai secara maksimal tersebut, maka pengendaliannya bisa menjadi dipermudah.

‘’Walaupun memang tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh manusia lantaran masih tergantung dari alam. Tapi setidaknya alam itu bisa dikontrol sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi setidaknya mendekati apa yang diharapkan para petani,’’ beber dia.

Dikemukakan, selama ini   keberadaan sungai di Dusun Pitulasi,  yang airnya mengalir sepanjang tahun tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh petani.  Penyebabnya, tidak adanya saluran irigasi dan  dan pompa air yang memadai.  ‘’Dengan tidak adanya  pompa air dan irigasi tersebut, maka tidak bisa  untuk mengatur kuantitas air, kualitas,’’ tambah Edi Susanto.

Menurutnya,  sebagian besar  lahan pertanian di   Dusun Pitulasi adalah sawah tadah hujan. Sementara itu,  mata pencaharian sebagian besar  warga Dusun Pitulasi adalah petani (buruh tani). Tercatat saat ini,   jumlah penduduk dukuh Pitulasi mencapai 1089 jiwa (272 Kepala keluarga). Myoritas  pendidikan masyarakatnya  hanya lulusan Sekolah Dasar.   (Red-HJ99/pdm).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini