Suasana saat penilaian yang di lakukan oleh Forkopimda

Ngerjo, Harianjateng.com- Dalam rangka meperingati hari jadi Kota Kendal dan hari ulang tahun bhayangkara ke 71, Kabupaten Kendal dalam menciptakan rasa keaman dan kenyamanan dengan menggadakan lomba Tek – Tek Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di 20 Kecamatan se-Kabupaten Kendal. Yang kali ini diadakan di Desa Ngerjo Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tepatnya di depan balai desa Rt.04/Rw.02, Rabu (14/06/2017).

Hadir dalam kegiatan itu, diantaranya Forkopimda Kendal sebagai juri, Forkopimcam Ringinarum, para tokoh masyarakat dan seluruh waga masyarakat Desa Ngerjo. Dan kegiatan tersebut dimeriahkan dengan seni budaya lokal barongan serta suara gemuruh kembang api yang ikut memeriahkan acara pada malam itu.

budaya lokal barongan ikut serta memeriahkan dalam acara kegiatan itu

Meskipun sebelumnya sempat diguyur hujan deras tetapi tidak mematahkan semangat antusias para warga untuk hadir menyaksikan dan meramaikan acara lomba tersebut, karena kehadiran warga memberikan dukungan bagi para Linmas sebagai peserta lomba.

Kepala Desa Ngerjo Isnaeni Alnas dalam sambutannya menyampaikan, “selamat datang kepada tim seleksi pos Siskamling Kabupaten Kendal, dan saya mengucapkan terima kasih atas kedatangannya, saya juga mengucapkan terima kasih kepada segenap warga masyarakat Desa Ngerjo yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu kepada Linmas dan para perangkat desa. Ini merupakan suatu kepercayaan dari Kecamatan Ringinarum kepada desa kami, sebagai perwakilan Kecamatan Ringinarum yang mengikuti lomba Tek – Tek Siskamling. Dengan diadakannya acara ini  Desa Ngerjo juga bisa menampilkan hal –hal yang positif, karena selama ini dari pandangan desa – desa lain mengonotasikan bahwa Desa Ngerjo dari sisi negatifnya saja. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini ternyata Desa Ngerjo bisa menunjukkan sesuatu yang positif dari kalangan remaja sampai yang tua bisa kompak saling mendukung dalam membangun Desa Ngerjo untuk lebih baik.”

foto bersama forkopimcam dan forkopimda

Camat Ringinarum, Nur Salim menilai kegiatan ini sangat positif, karena dengan adanya lomba ini sebagai pendidikan kepada masyarakat untuk menciptakan keamanan. “Prinsip bagi kami tidak mempermasalahkan juara tetapi pengaplikasian tindaklanjut dari perlombaan ini, sehingga masyarakatnya menyadari individu dalam kehidupan bermasyarakat. Karena keamanan bukan hanya tanggung jawab kepolisian saja tetapi keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama. Kalau dari keluarga aman, lingkungan masyarakat desa aman, daerah aman, wilayah Aman, otomatis negarapun akan ikut aman. Peran seorang perempuan juga sangat penting dalam memberikan dukungan bagi para bapak – bapak dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan keamanan baik kepada keluarga maupun  masyarakat lingkungan sekitar. Saya juga menghimbau agar kegiatan semacam ini tidak hanya pada saat lomba saja, namun harapan kami harus ada tindaklanjutnya yang diadakan setiap hari disetiap malam. Bukan kepada Desa Ngerjo saja tetapi Khususnya kepada warga masyarakat desa yang ada di Kecamatan Ringinarum dan Kendal pada umumnya, sehingga rasa aman warga masyarakat benar – benar terasa aman dan nyaman”, tuturnya.

Sementara itu dari Kasat Binmas Polres Kendal yang diwakili oleh Nurdanto mengatakan, “pos kamling Desa Ngerjo sudah lengkap, pos kamling bangunan fisik dan administrasi ada, tim Tek – Teknya ada, simulasinya ada ditambah budaya lokalnya untuk memeriahkan acara ini juga sudah ada, mau mendapat juara berapa selanjutnya tinggal pasrahkan kepada tim penilai.  Yang terpenting endingnya dalam memperingati hari jadinya Kota Kendal dan hari ulang tahun bhayangkara yang ke 71 ini, tidak hanya sekedar mengikuti saja tetapi mengingatkan bagi kami semua khususnya bagi warga masyarakat Desa Ngerjo semua, peran aktif siskamling ini disamping menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat juga sangat besar sekali manfaat – manfaat yang lainnya, salah satunya ketika ada banjir dan ada yang piket ronda bisa langsung memukul pantongan supaya warga bisa berbondong–bondong  datang untuk bergotong-royong tempat mana saja yang harus di amankan.”

Anggota Linmas saat melakukan tarian Tek -Tek

Acara tersebut diakhiri dengan tarian Tek–Tek Siskamling oleh anggota Linmas Desa Ngerjo yang diiringi dengan musik tradisional gamelan.

Re-HJ99/HR

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini