Semarang, Harianjateng.com– Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo Lantik Gubernur Pejabat Jawa Tengah, Syarifuddin pada Kamis (23/08/2018) bertempat di Gedung Grandjika Bhakti Praja Jln. Pahlawan no.9 Semarang, Jawa Tengah.

Pelantikan tersebut guna untuk mengisi kevakuman Gubernur Jawa Tengah pada saat ini, karena pada masa itu Ganjar Pranowo masuk masa purnabakti periode 2013-2018.

Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, Ganjar Pranowo kembali terpilih menjadi Gubernur periode 2018-2024 Berati Pj Gubernur yarifuddin ini akan mengisi kursi Gubernur Jateng selama 23 hari.

Pelantikan Penjabat tersebut berdasarkan keputusan Presiden No. 133/P2018 tentang pengesahan dan pemberhentian dengan hormat gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018 dan pengangakatan Penjabat Gubernur Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Tjaho Kumolo mengambil sumpah atau janji Syarifuddin agar bersedia diambil sumpahnya. Lalu dijawab langsung oleh Syarifuddin bahwa ia bersedia.

Tjahjo juga berpesan kepada Syarifuddin untuk menjaga Pancasila dan UUD 45. Karena sumpah itu juga janji kepada tuhan dan harus ditepati dengan penuh dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

Dilajut dengan proses pelantikan dengan mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Tjahjo Kumolo ditirukan oleh Syarifuddin. ”Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat Gubernur Jawa Tengah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dan memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia  45 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” bunyi sumpah jabatan tersebut.

Kemudian usai membacakan sumpah, Mendagri secara resmi melantik Syarifuddin sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah. “Dengan mengucapkan syukur ke hadirat tuhan yang maha esa, saya atas nama Presiden Indonesia dengan ini resmi melantik Drs. Syarifudin, M.M., sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah sesuai dengan Kepres no 133/P 2018 tertanggal 7 Agustus 2018, saya percaya bisa melaksankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Mendagri.

Pada sebelumnya Syarifuddin menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dan dalam pelantikan tersebut juga dihadiri oleh H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP dan Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si.

Red-HJ99/Heri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini