Dekan FH UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani
Dekan Fakultas Hukum UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani. Foto FH UPS

Tegal, Hariansemarang.id – Pandemi tidak boleh menjadikan mahasiswa surut semangat untuk terus mengembangkan diri. Kreatif dan inovatif menjadi syarat mutlak untuk dapat bersaing di era digital saat ini. Apalagi mahasiswa merupakan ujung tombak generasi penerus kemajuan bangsa. Di masa pandemi, skripsi Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal (FH UPS) banyak jadi buku dan tembus jurnal internasional.

FH UPS terus berusaha memaksimalkan diri dalam menggembleng mahasiswanya agar dapat melesat menjadi generasi emas yang berdaya saing global.

Usaha ini bukan hanya isapan jempol semata, terbukti sepanjang tahun sejak pandemi bergulir, telah banyak karya-karya mahasiswa FH UPS yang tembus publikasi pada jurnal nasional maupun internasional yang bereputasi termasuk jurnal yang terindeks Scopus.

Tidak hanya jurnal, bahkan skripsi-skripsi terpilih telah dijadikan buku dan telah diterbitkan. Pada periode genap TA 2020/2021 FH UPS kembali menerbitkan 6 judul buku yang diadaptasi dari skripsi-skripsi terpilih.

Hal ini menunjukkan perguruan tinggi swasta pun mampu unjuk kebolehan bersaing dalam dunia akademik dan melahirkan generasi-generasi unggul di bidang akademik.

Dekan FH UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani menyampaikan sudah dua tahun program publikasi skripsi-skripsi mahasiswa pilihan berjalan, baik dalam bentuk artikel jurnal ilmian nasional dan internasional, juga buku.

Dekan FH UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani
Dekan FH UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani melatih mahasiswa. Foto FH UPS

Kriteria skripsi yang dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal adalah; temanya aktual, bukan plagiat, dan referensinya lebih banyak menggunakan jurnal terbarukan. Sedangkan untuk menjadi buku kriterinya: tema aktual, bukan plagiat, referensi kredibel, dan jumlah halaman lebih dari seratus.

FH UPS memang sangat konsen dalam hal publikasi ilmiah, bukan hanya pada level dosen, tapi juga mahasiswa. Hal ini dilakukan dalam upaya terus meningkatkan kualitas akademik dan penguatan literasi khususnya literasi hukum.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini