Dekan Fakultas Hukum UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani
Dekan Fakultas Hukum UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani menunjukkan akreditasi unggul BANPT

Tegal, Hariansemarang.id – S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal (UPS) resmi meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), berdasarkan SK No. 13159/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021.

Sebelumnya terakrakreditasi A, proses ini merupakan capaian yang luar biasa, karena merupakan impian semua pengelola program studi.

Ada persyaratan yang sangat berat untuk meraih Akreditasi Unggul khususnya pada SDM dosen. Komposisi dosen tetap yang mengajar 50 persennya harus bergelar doktor, begitu juga Jabatan Fungsional dosen, 80 persen lebih harus Lektor-Guru Besar.

Menurut Dekan Fakultas Hukum UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani, saat ini, di Fakultas Hukum UPS jumlah dosen pengajarnya sudah 60 persen lebih bergelar doktor, dan yang memiliki Jabatan Fungsional Akademik Lektor hingga Guru Besar 83 persen, sehingga dari SDM memenuhi kriteria meraih Akreditasi Unggul.

Selain itu syarat untuk meraih akreditasi A adalah terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai standar dan konsisten, juga kurikulum yang terus dimutakhirkan dan sesuai Standar KKNI Level 6. Yang tidak kalah pentingnya adalah serapan alumni di dunia kerja dan tingkat kepuasan pengguna lulusan yang harus tinggi.

Fakultas Hukum UPS Tegal raih Akreditasi A dari BAN PT
Fakultas Hukum UPS Tegal raih Akreditasi A dari BAN PT. Foto FH UPS

Berbagai upaya pembenahan akademik dan non akademik selama ini terus dilakukan di FH UPS. Publikasi terus digenjot hingga ke level mahasiswa. Telah banyak buku karya mahasiswa yang diterbitkan, artikel jurnal, bahkan setiap pekan ada tulisan mahasiswa terbit di media online.

Selain itu, berbagai kegiatan ilmiah juga rutin dilakukan seperti seminar bulanan dosen, seminar nasional, dan seminar internasional.

Visiting professor juga dilakukan setiap semester dengan menghadirkan dosen dari luar negeri, juga kuliah umum dengan mengundang praktisi.

Sampai saat ini belum banyak Prodi S1 Ilmu Hukum yang telah meraih Akreditasi Unggul di Jawa Tengah, dan raihan FH UPS ini baru satu-satunya untuk perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah bagian Pantura Barat. Capaian Akreditasi Unggul ini tentu semakin mengokokohkan FH UPS untuk dapat berkiprah dalam skala global.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini