Seleksi Perangkat Desa dilaksanakan di UPS Tegal
Seleksi Perangkat Desa dilaksanakan di UPS Tegal. Foto Youtube desaku Sumurjomblangbogo

Tegal, Hariansemarang.id – Universitas Pancasakti Tegal (UPS) kembali dipercaya untuk menjadi Tim Seleksi Perangkat Desa. Kali ini diminta oleh Panitia Pemilihan Perangkat Desa, Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan untuk pengisian jabatan Sekretaris Desa yang diikuti oleh 15 peserta.

UPS melalui LPPM membentuk Tim Seleksi yang terdiri atas Dr. Ir. Nurjanah,M.Si (Kepala LPPM) dan Dr.Achmad Irwan Hamzani(Dekan Fakultas Hukum) sebagai Tim Penilai Tes Wawancara, Moh. Saefur Rokhman, M. Pd (Kabid Pengabdian) dan Priyo Haryoko, S. Pust (Kepala Pusat Layanan Komputer) sebagai Tim Penilai Tes Tertulis berbasis CAT, serta Royan Hidayat, S.T., M.T. (Kabid Penelitian) dan Deddy Prihadi, M. Kom (Kaprodi Bisnis Digital) sebagai Tim Penilai Tes Praktek Komputer.

Penyelenggaraan Seleksi Perangkat Desa ini berpedoman pada Peraturan Bupati Pekalongan No. 22 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Seleksi Perangkat Desa sebagai mana telah diubah dengan Peraturan Bupati Pekalongan No 45 Tahun 2022.

Masyarakat Bisa Menonton di Youtube

Seleksi dilaksanakan kampus pusat UPS yang dibuka secara langsung oleh Rektor UPS, Dr.Taufiqulloh, M. Hum. Dalam sambutanya, rektor menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan kepada UPS untuk menjadi Tim Seleksi Perangkat Desa.

Tes seleksi Desa Sumurjomblangbogo Pekalongan dilakukan secara daring. Foto Youtube desaku Sumurjomblangbogo

Dia menambahkan, bahwa UPS Tegal berkomitmen untuk melaksanakan Kegitan ini secara transparan dan akuntabel karena seluruh rangkaian kegiatan ini disiarkan melalui Youtube sehingga seluruh elemen masyarakat dapat menyaksikan jalanya proses seleksi.

Rangkaian proses seleksi perangkat desa diawali dengan tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT), tes tertulis dilaksanakan selama 60 menit dengan 50 butir soal.

Peserta dapat langsung melihat hasil tes tertulis setelah peserta mengakhiri pengerjaan tes, sehingga informasi mengenai hasil tes ini dapat diketahui secara terbuka oleh peserta maupun oleh masyarakat yang menyaksikan melalui Youtube.

Tes berikutnya dilaksanakan Tes Praktek Komputer, yakni pengerjaan praktek Microsoft word dan Microsoft excel dengan waktu 60 menit.
Kemudian dilanjutkan dengan Tes Wawancara selama kurang lebih 2,5 jam yang dapat disaksikan langsung oleh masyarakat melalui kanal Youtube desakuSumurjomblangbogo.

Masyarakat khususnya warga Desa Sumurjomblangbogo dapat menyaksikan bagaimana kemampuan calon perangkat desa dalam mengikuti tes tertulis, tes komputer juga wawancara.

Kepala LPPM UPS, Dr. Ir. Nurjanah, M.Si menyampaikan bahwa dengan model tes seperti ini, masyarakat dapat menyaksikan bahwa seleksi ini benar-benar dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Masyarakat pun mudah memprediksi siapa di antara peserta yang terbaik sehingga terpilih menjadi perangkat desa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini