Pesawat Antonov An-225
Pesawat Antonov An-225. Foto Wikipedia

Hariansemarang.id – Rusia hancurkan pesawat terbesar di dunia, Antonov AN-225. Pesawat super gede ini ambyar kena rudal Rusia yang berhari-hari ini melancarkan operasi militer ke Ukraina.

Banyak yang sedih dengan hancurnya Antonov An-225 pesawat terbesar di dunia ini yang dikhususkan untuk kargo. Selain status khusus sebagai pesawat terbesar, Antonov An-225 ini ternyata bernilai sejarah tinggi lho Sobat Harsem!

Pesawat Antonov An-225 ini ternyata satu-satunya yang beoperasi di dunia lho dengan status pesawat terbesar di dunia. Pesawat An-225 ini aslinya milik Uni Soviet dan kemudian Ukraina mendapatkan warisannya.

Pesawat Antonov An-225
Pesawat Antonov An-225. Foto Instagram @dunyahavaciliktarihi

Aslinya produsen pesawat ini punya proyek bikin dua unit pesawat An-225. Tapi satu proyek lainnya tertunda berkali-kali dan gagal sampai kini tidak terwujud. Praktis ya cuma An-225 saja yang ada dan itu sudah dihancurkan oleh Rusia.

Pesawat An-225 ini diproduksi 1988 Sobat Harsem. Kalian sudah lahir belum ya saat pesawat terbang ini diproduksi?

Nah pesawat An-225 ini menorehkan sejarah, karena menggendong pesawat ulang alik Buran. Jadi pesawat luar angkasa Uni Soviet itu diterbangkan ke orbit dengan menumpang di atas pesawat An-225 ini.

Pesawat An-225 gendong pesawat ulang alik Uni Soviet tampil di Paris Show 1989. Foto Wikipedia.

Sayangnya proyek Buran disetop, berdampak pula pada pengembangan An-225. Uni Soviet akhirnya menjual pesawat An-225.

Sampai tahun 2000, An-225 mangkrang di penyimpangan hanggar di Ukraina negeri pecahan Uni Soviet yang berbatasan dengan Rusia sekarang.

Nggak mau menyia-nyiakan ‘harta’ tersebut, maskapai penerbangan Ukraina, Antonov mengembangkan An-225 dengan sistam avionik baru gitu dan dipoles dengan sentuhan teknologi modern kekinian.

Proyek ini selesai, dan Antonov An-225 wajah baru diberi kode An-225-100 dan beroperasi 2001 sebagai pesawat angkut komersial.

Aslinya nih Sobat Harsem, Antonov juga berambisi untuk melanjutkan proyek pengembangan An-225 yang kedua, jadwalnya rampung pada 2008 tapi ya berkali-kali gagal dan akhirnya nggak terealisasi sampai sekarang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini