Anies Baswedan bersama Presiden AS ke-44 Barack Obama dalam Kongres Diaspora Indonesia
Anies Baswedan bersama Presiden AS ke-44 Barack Obama dalam Kongres Diaspora Indonesia. Foto Instagram @aniesbaswedan

Oleh Abdul Halim Wijaya Siregar Menteri koordinator Bidang kebijakan dan Pergerakan Pema Universitas Sumatera Utara

Pada dua tahun kepemimpinan Anies Baswedan dalam menata kota DKI Jakarta, di tahun 2019 Jakarta masuk dalam nominasi kota terbaik di dunia dan DKI Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia.

Apresiasi ini diberikan untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota dan terbuktinya DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan menjadi tokoh daerah yang popular di Indonesia.

Apalagi Jakarta akan memasuki ke usia 495 tahun di 22 Juni mendatang yang dimana banyak perubahan besar yang di bawah pemerintahan Anies Baswedan terbukti DKI Jakarta banyak diberikan apresiasi oleh institusi dunia, piagam serta mampu menjadi pusat tata kelola ekonomi terbaik di dunia.

Dalam hal ini di masa kepemimpinannya, Anies berhasil membangun DKI Jakarta yang lebih dinamis dan mengutamakan kebutuhan masyarakat. Atas kontribusinya memajukan DKI Jakarta, Anies Baswedan menuai berbagi prestasi seperti Best Governor for Inclusive Economic Growth 2021, Top Leader on Digital Implementation 2020 dan Honorable Mention yang diraih pada Sustainable Transport Award 2020.

Berbicara mengenai gaya kepemipinan Anies Baswedan dan dalam menjalankan perannya sebagai seorang gubernur, Anies juga menerapkan empat kriteria kepemimpinan yang visioner yang dikemukakan oleh Burt Nanus.

Pertama, dilihat dari komunikasi yang baik, di sini Anies merupakan orang yang memiliki kelebihan dalam berkomunikasi termasuk berkomunikasi bersama bawahannya dalam memimpin.

Kedua, memahami lingkungan luar yang mana Anies dalam hal ini berupaya memperhatikan lingkungan luar organisasi.

Ketiga, Anies memiliki hubungan yang baik dengan pemerintah pusat dan masyarakatnya. Lalu kriteria yang terakhir adalah keterlibatan pemimpin dalam organisasi.
Dalam hal ini, Anies telah menginterpretasikannya dengan mengawasi timnya untuk mengetahui situasi kinerja dalam organisasi.

Selaras dengan pencapaian Anies Baswedan dalam menata kota DKI Jakarta, Indonesia butuh pemimpin seperti Anies Baswedan yang mampu memberikan perubahan besar bagi Indonesia.

Menuju 2024 mendatang Anies mendapat posisi 3 besar tokoh yang sangat berpengaruh di Indonesia dan Anies mendapatkan 3 besar tokoh kepala daerah yang terbaik pada tahun 2022.

Hal ini jika dilihat dari sudut pandang kaum intelektual, Anies memiliki potensi besar untuk mewujudkan masyarakat adil makmur dan mampu memberikan energi positif bagi kaum anak muda dan dalam hal ini harapannya Anies mampu untuk memberikan pencapaian yang terbaik bagi Indonesia jika mampu untuk menjadi RI 1 di 2024 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini