Anies Baswedan. Foto Instagram @aniesbaswedan
Anies Baswedan. Foto Instagram @aniesbaswedan

Oleh Ida Royani

Kemajuan dalam suatu wilayah di sebuah negara itu bisa saja terjadi karena berkat adanya peran penting seorang pemimpin di dalamnya. Serta adanya kinerja, dan kerja sama yang baik antara pemimpin, instansi pemerintah terkait dan juga berkat adanya dukungan dari masyarakat juga.

Sejauh ini mungkin kita sering membaca atau mendengar berita, baik di media cetak, media online maupun media televisi di mana dalam berita tersebut menginformasikan bahwa sejauh ini beberapa wilayah di Indonesia sudah mengalami kemajuan baik dari segi ekonomi, infrastruktur sarana transportasi khususnya di wilayah ibukota Jakarta.

Ya, Jakarta. Siapa sih yang tidak tahu dengan ibukota negara Indonesia ini. Mungkin banyak orang sudah mengetahuinya. Jika mendengar atau menyebut namanya saja pasti akan terlintas seputar macet, banjir yang tidak ada habisnya jika membahasnya. Namun, dibalik itu ada hal menarik yang patut diperhatikan dan disimak selain masalah kemacetan, dan banjir di Jakarta. Yaitu seputar politik dan sistem pemerintahan yang ada di ibukota Jakarta.

Sistem pemerintahan di ibukota Jakarta ini mungkin menjadi sorotan dari beberapa pihak karena dalam setiap periode sistem pemerintahan di Jakarta pasti selalu menarik untuk disimak. Apalagi jika sistem pemerintahan mengalami pergantian pasti akan ada tokoh-tokoh politik baru dan juga munculnya seorang pemimpin yang akan dijadikan kepala daerah maupun kepala negara, pasti hal ini akan menyita perhatian publik.

Salah satu tokoh politik atau tokoh publik yang akhir-akhir ini menjadi sorotan dan menarik untuk disimak yaitu Gubernur Anies Rasyid Baswedan. Gubernur DKI Jakarta ini menjadi sorotan karena berkat kesuksesannya dalam menjalankan programnya dalam masa kerjanya sebagai seorang gubernur DKI Jakarta. Anies Rasyid Baswedan atau biasa lebih dikenal dengan nama Anies Baswedan ini merupakan penggerak adanya bus listrik di Jakarta. Banyak prestasi yang sudah diraihnya.

Bagi warga Jakarta pasti tidak asing setiap kali mendengar namanya. Namun bagi warga dari luar Jakarta pasti setiap kali mendengar namanya masih merasa asing. Terlebih juga bagi saya yang dari luar Jakarta. Setiap kali saya menonton berita di media televisi dan disebut nama Pak Anies Baswedan, saya masih merasa asing dengan nama itu. Namun seiring waktu karena nama Pak Anies Baswedan sering disebut di media sosial, tidak hanya disebut di media televisi saja, saya menjadi tahu siapa Pak Anies itu.

Setiap kali ada berita di media televisi seputar Jakarta dan kebijakan yang dilakukan oleh Pak Anies Baswedan, terkadang saya menyaksikan berita itu sampai habis. Karena dari berita tersebut pasti ada hal menarik yang disimak dan diikuti khususnya seputar kondisi terkini di Jakarta. Menurut saya program-program yang direncanakan dan dikerjakan oleh Pak Anies untuk Jakarta itu bagus dan patut untuk diapresiasi karena melalui program-programnya Jakarta menjadi lebih hidup dan tampak lebih bagus dari sebelumnya. Serta Jakarta mengalami kemajuan dan bisa dikenal oleh dunia.

Sistem kebijakan yang dilakukan oleh Pak Anies Baswedan di Jakarta itu patut diapreasiasi karena tidak mudah juga untuk melaksanakan setiap programnya ke dalam realita, yang pasti banyak rintangan dalam prosesnya. Ide-ide dan rencana yang beliau ajukan dan terapkan dalam masa pemerintahannya untuk DKI Jakarta itu keren yang terkadang membuat publik terperangah dibuatnya. Meskipun saya belum pernah bertemu dengan Pak Anies Baswedan secara langsung sepertinya beliau memiliki pribadi yang santun, jujur, merakyat, tegas, berwibawa, berwawasan luas ke depan, tulus dalam menjalankan amanah yang telah dititipkan di pundaknya. Figur seorang pemimpin yang arif dan bijaksana yang ada di dalam dirinya itu juga bisa menjadi teladan. Sifat dan sikap yang dimiliki oleh Pak Anies Baswedan itu merupakan figur seorang pemimpin yang dibutuhkan untuk memajukan masa depan bangsa Indonesia ke depannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini