Siswa SD kunjungi Temanggung TV
Siswa SD kunjungi Temanggung TV. Foto Dokumen pribadi untuk Harian Semarang

Hariansemarang.id – SD Muhammadiyah Temanggung dan SD Negeri Tlahab Kledung Temanggung, mengunjungi Temanggung TV yang berlokasi di Maron, Sidorejo, Temanggung.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Sisca Supriyati dan Kepala Bidang News dan Program Temanggung TV, Suryo Pranoto.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Temanggung Taufan Sugiyanto, Perwakilan Guru Pengajar SD Negeri Tlahab, Mei Sekar Anggu dan Ardita Riski Amalia, beserta siswa dan guru pembimbing,

Sisca Supriyati dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang kepada siswa dan guru pembimbing di Temanggung TV, TV kebanggaan masyarakat Temanggung, Selasa 15 Maret 2022.

“Besok ke depan harus ada acara untuk siswa-siswa Sekolah Dasar, digilir setiap Sekolah Dasar di Kabupaten Temanggung, diberikan kesempatan untuk tampil di Temanggung TV, tari jaran kepang, nyanyi dan puisi, topeng ireng, atau kobra siswa, itu semua kesenian asli Temanggung yang patut dilestarikan dan ditampilkan,” katanya dikutip dari rilis Rabu 16 Maret 2022..

Taufan Sugiyanto memberikan arahan, kepada murid kelas 4 dan 5, yang berjumlah 246 siswa putra putri SD Muhammadiyah Temanggung yang mengikuti kegiatan jeda semester ini, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dan tetap menjaga sopan santun, serta disiplin mengikuti arahan pemandu.

“Kita di sini sebagai tamu, maka selayaknya kita semua, siswa-siswi harus hormat dan berperilaku yang baik, kita orang Temanggung harus bangga punya Temanggung TV, media untuk menyiarkan dan memperkenalkan kekayaan alam dan budaya masyarakat Temanggung” ungkapnya.

Dalam kegiatan outing class ini para siswa di kenalkan ruangan dan studio di komplek Temanggung TV, diajarkan untuk berani membawakan berita (host presenter), diberikan informasi alat-alat di studio satu, berita, talkshow dan studio dua atau seni.

Ardita Riski Amelia, guru SD Negeri Tlahab Kledung, diberikan kesempatan membawa berita untuk memotivasi siswa-siswanya.

“Baru kali ini saya duduk di kursi presenter, rada grogi, tapi seorang guru wajib memberikan contoh yang baik kepada muridnya, saya jadi mantab, kami mendapatkan jadwal berkunjung jam 13.00, semoga ini menambah wawasan bagi siswa kami,” tegasnya.

Demikian pula Rio, salah satu murid kelas V SD Negeri Tlahab Kledung Temanggung, yang hadir di Temanggung TV bersama 40 murid lainnnya, menggunakan dua minibus. Teriakan gembira teman-temannya, melihat keberanian untuk mencoba jadi presenter.

Dipandu Rahayu Tri Guru beserta guru pengajar SD Muhammadiyah Temanggung lainnnya, siswa dengan tertib secara bergantian dikenalkan TV milik masyarakat Temanggung, antusias dan inisiatif juga disampaikan oleh Uliyya Putri Maheswari (Yaya) kelas V SD Muhammadiyah Temanggung, menanyakan jangkauan Temanggung TV.

“Sampai manakah siaran Temanggung TV bisa diterima, dan apakah semua disiarkan live,” tanyanya.

Yoda, sebagai salah satu pemandu kegiatan yang sehari-harinya bertugas sebagai audioman, memberikan jawaban bahwa Temanggung TV siarannya bisa dinikmati sampai seluruh Indonesia, ASEAN, dan Australia.

“Bagi orang-orang Temanggung, yang rindu kampung halamannya, pengen menikmati lagu campursari ala Temanggung, maka bisa melalui parabola satelit, Temanggung TV bisa dinikmati di Taiwan sampai Australia dan ASEAN, tidak semua disiarkan secara live, tapi juga ada yang direkam dahulu, contohnya berita dan kegiatan seni,” terangnya.

Kegiatan ini dipandu oleh presenter Mega, Puput, dan Hana, didampingi Editor Panda, Kameramen Kribo, Audioman Yoda yang bertugas menata mix, dan merapikan suara, menata kabel, siswa juga diperkenalkan kontrol room, tugas floor director dan program director.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini