Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Foto Instagram @aniesbaswedan, @ganjar_pranowo

Oleh Irwansyah bin Murti Mahasiswa Pascasarjana Hukum Islam IAIN Bukittinggi

Dalam percaturan politik di tanah air. Nama Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Pranowo bukan lagi nama yang asing. Karena nama dan wajah mereka sudah cukup lama menjadi sorotan berbagai media dan wartawan. Tak sampai disitu, dalam beberapa tahun belakangan ini, wajah merka juga cukup sering tampil menghiasi layar kaca TV Nasional. Pendeknya, kedua tokoh tersebut sudah cukup familiar di seantero Indonesia raya.

Saat ini Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sedangkan Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Semenjak kedua tokoh ini menahkodasi Provinsinya masing-masing. Keduanya sering menjadi buah bibir warga Jakarta dan Jawa Tengah. Bagi pendukung Anies dan Ganjar, tentu mereka disanjung dan dipuji. Adapun yang beroposisi terhadap Anies dan Ganjar, tak jarang menghujamnya dengn hujan kritikan.

Kendatipun kedua tokoh ini sering dibanjiri pujian oleh pendukungnya, dan dihujani dengan kritikan dari pihak oposisi. Lantas nama mereka tidak pernah alfa dibicarakan oleh berbagai kalangan, yang ada eksistenti keduanya semakin naik daun. Bahkan belakangan ini, orang nomor satu di DKI dan di Jawa Tengah tersebut sedang digadang-gadangkan untuk berlaga dikontestasi politik 2024 mendatang untuk menjadi calon orang nomor wahid di Indonesia.

Melihat eksistensi kedua tokoh tersebut begitu mengkristal. Maka tidak relevan rasanya jika belum mengetahui sepak terjang dari kedua-duanya. Oleh karena itu, maka menjadi menarik untuk mengintip prestasi apa saja yang sudah dikantongi oleh kedua gubernur tersebut. Karena prestasi seorang kepala daerah adalah representasi yang mencerminkan keberhasilan kinerjanya.

Prestasi Gubernur Anies Rasyid Baswedan yang Jadi Sorotan

Kita sama-sama sepakat bahwa jabatan kepemimpinan yang dititipkan kepada pemimpin yang dipilih melalui kontestasi politik, harus memberikan perubahan bagi masyarakat yang dipimpinnya. Dan mencarikan solusi atas setiap masalah yang menimpa daerah yang dipimpinnya. Baik itu pemimpin dilevel paling bawah, sampai pada level paling tinggi. Semua pemimpin harus melakukan yang terbaik untuk warga dan daerah yang dipimpinnya.

Demikian halnya dengan H. Anies Rasyid Baswedan. Setelah Anies memperoleh kemenangan di laga kontestasi politik, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dalam kemenangannya menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies mengusung sejumlah program unggulan dan visi misi yang relevan dengan Kota yang dipimpinnya tersebut.

Adapun visi dan misi yang diusung oleh Anies adalah; Visi: “Jakarta kota maju, lestari dan berbudaya, warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua”. Dan yang menjadi kata kunci yang tertuang di dalam Visi tersebut adalah; Keberadaban, keadilan dan kesejahteraan.

Sementara misinya selama menjabat gubernur tertuang menjadi lima misi. Pertama, menjadikan kota Jakarta menjadi kota yang aman, sehat, cerdas dan berbudaya. Kedua, menjadikan kota Jakarta menjadi kota yang memajukan kesejahteraan umum melalui terciptanya lapangan pekerjaan. Ketiga, menjadikan Jakarta sebagai tempat wahana aparatur negara yang berkarya, mengabdi, melayani dan menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Keempat, menjadikan Jakarta sebagai kota lestari. Kelima, menjadikan Jakarta sebagai kota yang dinamis dan simpul kemajuan Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumbser, adapun prestasi yang dihasilkan dari program kerja serta visi dan misi, dan ikhtiar kerja keras yang dilakukan oleh Anies Rasyid Baswedan beserta seluruh stakeholder yang membantunya untuk menata kota Jakarta sebagaimana yang tertuang di dalam visi misinya adalah sebagai berikut:

Meraih juara pertama kompetisi Nasional dibidang TIK dari Kemenkominfo RI melalui aplikasi Jakarta Kini atau JAKI. Juara umum anugerah publik relation Indonesia Aword 2020 dalam bidang PTSP. Penghargaan program pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dari BNN RI. Peraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama tiga tahun berturut-turut. Meraih penghargaan dari Kemenag atas pengembangan pendidikan agama dan keagamaan.

Selain itu, memperoleh honorable mention pada Sustainable Transportation Award 2020, Pembina BUMD terbaik 2020, Top of the top BUMD Award 2020. Meraih IDX chanel anugrah Inovasi Indonesia melalui Jakpro. Juara Sustainable Transfortasi Award 2021 atas pembangunan integrasi antarmoda transportasi publik. Anugrah Padmamitra Award melalui Dinas Sosial DKI Jakarta. Memperoleh penghargaan TOP 45 inovasi pelayanan publik 2020. Meraih medali emas Bhumandala Award dari Badan Informasi Goespasial RI. Meraih Indonesia Government Procurement Award 2020 dari LKPP RI. Meraih penghargaan Inovative Government Award 2020. Penghargaan TOP leader on digital Implementation 2020. Dan masih banyak lagi sederet prestasi yang sudah dikantongi oleh pemerintahan DKI Jakarta melalui kepemimpinan yang dinakhodai oleh Anies Baswedan.

Prestasi Ganjar Pranowo yang Jadi Sorotan

Tak kalah dengan prestasi yang di kantongi oleh Gubernur DKI Jakarta. Ganjar Pranowo juga berhasil mendulang sederet prestasi selama menjabat sebagai gubernur dua priode di Jawa Tengah. Dalam masa kepemimpinannya pada priode 2019-2024, orang nomor wahid di Jawa Tengah itu mengusung visi-misi sebagai berikut; Pertama, menuju Jawa Tengah sejahtera dan berdikari”.

Adapun misinya adalah “Membangun masyarakat Jawa Tengah yang religius, toleran, dan guyup untuk menjadi negara kesatuan republik Indonesia. Kedua, mempercepat reformasi birokrasi serta memperluas sasaran kepemerintah Kabupaten/Kota. Tiga, memperkuat kapasitas ekonomi rakyat dan memperluas lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Keempat, menjadikan masyarakat Jawa Tengah lebih sehat, lebih pintar, lebih berbudaya, dan mencintai lingkungan.

Dikutip dari berbagai sumber, adapun prestasi yang dikantongi oleh gubernur dua priode di Jawa Tengah tersebut antara lain adalah; Penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas prestasi terbaik, dan memperoleh label sebagai Provinsi dengan tingkat kepatuhan laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) 2017. Di tahun yang sama, penghargaan juga datang dari Kemenkumham dengan prestasi sebagai Provinsi Peduli Hak Asasi Manusia.

Selanjutnya, penghargaan Paritrana Award 2018 juga pernah dikantonginya. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK). Tak sampai disitu, di bawah kepemimpinan Ganjar, Provinsi Jawa Tengah juga pernah di anugrah pengharaan Parahita Ekaprayat 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebanyak empat kali secara berturut-turut. Selanjutnya penghargaan SAKIP Award pada tahun 2019. Selain prestasi yang disebutkan di atas tersebut, masih banyak lagi deretan prestasi lainnya.

Prestasi yang ditorehkan oleh Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur DKI Jakarta tersebut sama-sama membanggakan. Dan tidak salah jika kedua-duanya digadang-gadangkan sebagai calon Presiden 2024 mendatang. Kendatipun keduanya telah mengantongi berbagai macam prestasi dan penghargaan, namun kedua gubernur tersebut tidak jarang dibanjiri dengan kritikan. Dan kritikan tersebut merupakan hal yang sangat wajar, dan itu baik untuk meningkatkan kualitas demokrasi di tanah air.

Satu hal yang penting kita sadari, bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, sementara manusia pasti memiliki banyak sisi kelemahan dan kekurangan. Oleh karena itu, sederet prestasi dan kebaikan yang dilakukan oleh kedua gubernur tersebut sangat relevan untuk dijadikan sebagai contoh dan teladan, terlebih-lebih khususnya bagi generasi pemuda. Karena estafet kepemimpinan kelak akan diberikan kepada para pemuda saat ini. Semoga kedepannya Indonesia akan lebih Indah dan mempesona, maju semua daerahnya dan sejahtera semua masyarakatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini