Batagor OSIS SMP Al Fateeh Semarang
Batagor OSIS SMP Al Fateeh Semarang. Foto OSIS SMP Al Fateeh

Hariansemarang.id – Batagor bukanlah singkatan dari bakso tahu goreng, melainkan Bagi Takjil Gratis On The Road. Ini adalah sebutan sekaligus konsep kegiatan yang dilaksanakan oleh para siswa yang tergabung dalam komunitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Al Fateeh Semarang.

Mereka berjajar di sepanjang jalan di depan sekolahan SMP Al Fateeh di Jalan Gasemsari Utara, Tlogomulya, Kecamatan Pedurungan Kota Semarang pada sore menjelang berbuka 21 April 2022.

Mereka menyapa dan memberhentikan beberapa pengendara sepeda maupun pejalan kaki yang lewat, lalu membagikan makanan takjil.

Kepala sekolah SMP Al Fateeh, Sobirin menyampaikan keinginannya mengajarkan mental ibadah sosial kepada para siswa.

“Kita memberikan kegiatan-kegiatan yang sifatnya ibadah sosial di bulan Ramadhan. Mereka kita berdayakan melalui kegiatan dengan istilah daurah Ramadhan, yang artinya kegiatan harian para siswa mulai dari tadarus al-Qur’an, menyimak kultum menjelang buka puasa, membuat video buka puasa dan sahur, shalat tarawih, shalat tahajud dan kajian, zakat fitrah, sampai dengan nanti shalat Idul Fitri,” jelas Sobirin.

Sobirin mengatakan, kegiatan itu dilaporkan melalui kertas laporan atau buku saku yang dimiliki setiap siswa dan harus menjalankan kegiatan yang sifatnya individu maupun kolektif.

“Untuk individu mereka wajib melaporkan secara tertulis dan mendokumentasikan diri untuk dikirimkan kepada ustadznya. Untuk kelompok seperti pembagian takjil, kita cukup memantau bagaimana mereka bisa menjalankan program itu dengan lancar,” ujar Sobirin.

Ketua OSIS SMP, Aiya Elila menyampaikan kegiatan Batagor adalah kegiatan yang dilakukan untuk melatih jiwa sosial para siswa.

“Kami mengumpulkan donasi dari pihak sekolah, wali murid maupun donatur yang sukarela. Lalu kami membelanjakan, dan membagikan takjil itu di depan sekolahan,” jelas Aiya.

Dia dan teman-temannya berhasil membagikan ratusan takjil kepada Masyarakat.

Narto (51), masyarakat setempat merasa berterima kasih sekaligus bangga melihat anak-anak sekolah yang membagikan takjil kepadanya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada sekolah SMP Al Fateeh yang sudah memberikan kami takjil. Saya senang melihat anak-anak sekolah yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini