Petebu Lampung dorong Ganjar capres 2024
Petebu Lampung dorong Ganjar capres 2024. Foto Dokumen Petebu Lampung

Hariansemarang.id – Petani Tebu Bersatu atau Petebu Lampung gelar deklarasi dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024, di Kampung Negara Batin Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan Lampung, Selasa 31 Mei 2022.

Sebelum deklarasi, dilaksanakan Pawai Adat Negara Batin, sebagai bentuk penyambutan tamu dan undangan. Para tamu kehormatan diarak oleh para tokoh adat, yang diiringi dengan musik tradisional, dikawal dengan penampilan Tari Tigol. Setelah para tamu menempati kursinya masing-masing, disambut dengan Tari Sembah, serta suguhan musik Gitar Tunggal Klasik. Para peserta, sebelum melaksanakan deklarasi juga disuguhi pemutaran Vidio Bhiografi Perjalanan Ganjar Pranowo.

Menurut Deklarator Petani Tebu Kampung Negara Batin, Lukman TKS, sedikitnya 500 Petani mempercayakan aspirasi untuk mendukung Ganjar Pranowo, setelah mencermati sosok Ganjar yang memiliki kepedulian kepada petani.

“Kami sudah mengamati perjalanan Pak Ganjar, sebagai Gubernur Jawa Tengah, yang memiliki kepedulian terhadap kepentingan petani, khususnya petani tebu,” ujarnya.

Karenanya, Lukman menyakini Ganjar mampu memperjuangkan petani, bukan saja di Jawa Tengah, tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Kami ketahui, pak Ganjar punya program pemberdayaan pertanian, seperti yang sudah dijalankannya,” tegasnya.

Lukman menegaskan, masyarakat sudah bosan dengan janji-janji politik, yang hanya mengatasnamakan petani, tetapi tidak mampu membuktikannya.

“Sepertinya pak Ganjar bukan sosok yang hanya mengumbar janji tetapi sudah membuktikan, melalui kinerjanya,” kata dia.

Petani Tebu di Negara Batin, kata Lukman mengelola lebih dari 12.000 hektar lahan, yang hasil panennya dipasok kelas PT Pemuka Sakti Manis Indah (PSMI), yang membutuhkan pendampingan serius, agar produksinya semakin baik.

“Bukan kami mengesampingkan keberadaan PT PSMI, selama hampir sepuluh tahun kami sudah bekerja sama, tentu kami juga sudah diuntungkan,” kata Lukman.

Namun, kata Lukman, seperti petani pada umumnya, petani di Negara Batin masih merasa perlu ada kepastian tentang ketetapan Harga Pokok Penjualan (HPP) Gula, yang menurutnya masih belum berpihak.

“Karenanya, kami berharap, ada kejelasan keberpihakan pemerintah melalui regulasi yang jelas,” tegasnya.

Ganjar itu paket lengkap

Tokoh Masyarakat Tulang Bawang Samsul Hadi yang juga turut mengikuti deklarasi itu menjelaskan, sosok Ganjar merupakan paket lengkap, yang memiliki banyak kemampuan yang cukup mumpuni untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Sosok Pak Ganjar itu paket Komplit, yang memiliki banyak pengalaman dan kemampuannya sudah teruji, untuk memperjuangkan kepentingan rakyat umumnya, petani tebu khususnya,” ujarnya.

Petebu Lampung deklarasi Ganjar capres 2024. Foto Dokumen Petebu Lampung

Sosok Ganjar, menurut Samsul lahir dari rahim rakyat, yang penuh dengan pergulatan permasalahan. “Beliau lahir disebuah desa, bukan siapa-siapa, sehingga mudah bergaul dengan berbagai macam kalangan, tidak canggung bergaul dengan rakyat biasa,” ujarnya.

Dalam bidang pemerintahan, kata Samsul, Ganjar juga terbukti, sebagai Gubernur mampu membawa Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan pembangunan, dalam berbagai aspeknya. “Wawasannya dalam bidang pemerintahan, sudah pasti dapat dicermati selama Pak Ganjar menjalankan amanahnya sebagai Gubernur Jawa Tengah,” tegasnya.

Karenanya, cukup pantas, kata Samsul, jika petani menitipkan amanahnya kepada Ganjar Pranowo.

“Deklarasi kali ini, yang diselenggarakan para petani tebu, merupakan wujud keberpihakan petani kepada sosok yang dipercayanya,” katanya.

Saat dilaksanakan deklarasi, juga dibagikan santunan kepada 29 anak yatim dan 130 dhuafa Warga Kampung Negara Batin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini