Pemateri di Advance Training Badko HMI Jateng DIY
Pemateri di Advance Training Badko HMI Jateng DIY. Foto Dokumen HMI Badko Jateng DIY

Hariansemarang.id – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berkeadaban adalah agenda kita semua, nah dalam upaya mewujudkan partisipasi masyarakat untuk menentukan pemimpin bangsa berintregitas dan membentuk pemilu serentak 2024 yang berkeadaban, bukan hanya tanggungjawab KPU saja, tapi menjadi agenda kita semua.

Baik partai politik, Mahasiswa dan seluruh masyarakat indonesia, karena Pemilu serentak 2024 ini menjadi hajat kita bersama. Tentu sinergitas dari penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu dan seluruh masyarakat adalah kunci upaya mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan berkeadaban.

Anggota KPU Kabupaten Demak Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Siti Ulfaati mengatakan, peran dan partisipasi aktif pemuda memiliki posisi strategis dalam newujudkan Pemilu yang berintegritas dan berkeadaban.

“Pemuda harus dapat mengambil peran penting dan turut berpartisipasi secara aktif mulai dari tahapan awal, pemungutan, penghitungan suara dan dalam tahapan rekapitulasi sehingga dapat dipastikan Pemilu Serentak 2024 berjalan dengan bersih dan beritegritas,” kata Ulfa saat mengisi Advance Training Latihan Kader III Badan Koordinasi Himpunan Mahasiwa Islam (Badko HMI) Jawa Tengah-D.I.Yogyarta, Jumat 1 Juli 2022..

Selain mengambil peran dalam proses Pemilu tersebut, Ulfa mengatakan, pemuda memiliki tanggung jawab mengawal setiap kebijakan yang diambil pemimpin pasca terpilih.

“Tentunya ini menjadi tanggung jawab sebagai pemilih cerdas dan akan lebih mudah dilakukan ketika berada dalam satu wadah himpunan,” tegas dia.

Pembicara yang lain, Nurul Ichwan dari Akademisi menambahkan HMI harus menjadi organisasi yang konsekuen dalam mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak hanya aktif dalam mengkritisi tapi juga memberikan sumbangsih pemikirannya.

Pada kesempatan yang lain, Ketua Umum Badko HMI Jateng-DIY, Nur Kholis mengatakan
Pemilu Serentak 2024 sebagai wadah aktualisasi demokrasi haruslah dilaksanakan secara luberjurdil.

“HMI beserta organisasi kepemudaan lainnya hendaknya mengawal keberjalanan Pemilu Serentak 2024 supaya berjalan dengan kondusif dan bertanggung jawab. Dan perlunya pendorongan terhadap masyarakat pada umumnya, pemuda pada khusunya untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu serentak besok,” kata Nur Kholis.

Nur Kholis mengatakan sosok pemimpin akan menentukan keberjalanan suatu negara. Oleh karena itu, memilih pemimpin yang berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk memimpin dan membawa negara Indonesia sangatlah penting.

“Masyarakat hendaknya melihat hal tersebut dalam pemilihan esok, supaya ke depan Indonesia dapat berjalan dengan lebih baik dalam rangka mencapai tujuan negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD NRI 1945,” kata Kholis.

Advance training Badko HMI Jateng-DIY ini diadakan dengan tujuan untuk dapat mengembangkan pemikiran kader-kader HMI dari seluruh Indonesia dalam merespon isu-isu aktual seputar kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Acara ini dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Semarang 2 Provinsi Jawa Tengah dari 26 Juni 2022 sampai 3 Juli 2022 dan akan ditutup oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini