Kembangkan Ekonomi Kreatif, KKN MMK 06 UIN Walisongo Semarang Praktek Olah Susu Jadi Keju Mozarella
Kembangkan Ekonomi Kreatif, KKN MMK 06 UIN Walisongo Semarang Praktek Olah Susu Jadi Keju Mozarella

Hariansemarang.id – Kuliah Kerja Nyata Misi Khusus (KKN MMK) kelompok 06 UIN Walisongo Semarang, gelar kegiatan praktek mengolah susu sapi segar menjadi keju mozarella, di Dusun Pongangan, Desa Samirono, Kabupaten Semarang.

Pemateri kegiatan praktek, Tri Wuriyandari, menyatakan susu di dusun Pongangan sangat baik dan memiliki potensi bagus sekali jika diolah.

“Susu di sini seger, fresh gitu. Karena emang penduduknya mayoritas pengolah susu jadi kalau langsung diolah akan bagus sekali,” ungkap owner keju mozarella nineri tersebut.

Koordinator Desa KKN MMK Kelompok 06, Fitra mengungkapkan praktek untuk mengembangkan usaha warga supaya menjadi lebih kreatif dan bernilai.

Kembangkan Ekonomi Kreatif, KKN MMK 06 UIN Walisongo Semarang Gelar Kegiatan Praktek Olah Susu Jadi Keju Mozarella
Kembangkan Ekonomi Kreatif, KKN MMK 06 UIN Walisongo Semarang Gelar Kegiatan Praktek Olah Susu Jadi Keju Mozarella. Foto dokumentasi KKN MMK 06 UIN Walisongo Semarang

“Mayoritas penduduk sini memang peternak sapi dan ada beberapa yang mengolah susu jadi yogurt, praktek ini bisa jadi pilihan kreatif dan bernilai lainnya dalam mengembangkan usaha para peternak,” ujarnya.

Kegiatan dihadiri oleh 30 peserta ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pada 24 Juli 2022. Ketua pelaksana kegiatan, Aries berharap kegiatan praktek yang digelar bisa berkelanjutan dan dikembangkan agar menambah nilai jual susu para peternak.

“Kedepannya semoga praktek edukasi ini bisa dikembangkan para peternak sapi jadi suatu usaha yang bisa menambah nilai jual,” ujarnya.

Laporan: Dian Ananda Permata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini