Ratu Elizabeth II terima BIntang Republik Indonesia Adipurna
Ratu Elizabeth II terima BIntang Republik Indonesia Adipurna. Foto Twitter @ukinindonesia

Hariansemarang.id – Warga Britania Raya berdua atas wafatnya Ratu Elizabeth II pada akhir pekan lalu, 8 September 2022. Ratu Elizabeth II terbilang fenomenal sebab dia berkuasa atas tahta Britania Raya selama 70 tahun lebih 214 hari.

Nah ngomong ngomong Ratu Elizabeth II nih, dulu semasa masih hidup dia pernah berkunjung ke Indonesia lho. Dua tempat yang dikunjungi yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali.

Di Jakarta, Ratu Elizabeth II diterima dan dijamu di Istana Merdeka oleh Presiden Soeharto. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip berkunjung ke Indonesia pada 1974.

Dikutip dari Arsip Nasional Republik Indonsia, Ratu Inggris itu beserta rombongan kerajaan berkunjung selama 8 hari sejak 15-22 Maret 1974.

Bali sebagai tujuan pertama dilanjutkan menuju Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

Ratu Elizabeth II tiba di Jakarta pada 18 Maret dengan menggunakan kapal berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, seterusnya rombongan Ratu Elizabeth II menuju Istana Merdeka untuk diterima langsung oleh Presiden Soeharto.

Sepanjang perjalanan menuju Istana warga Jakarta antusias menyambut kedatangan sang ratu beserta rombongan.

“Pada kesempatan ini Ratu Elizabeth II menganugerahkan gelar Knight Grand Cross Order of the Bath kepada Presiden Soeharto,” tulis Arsip Nasional Republik Indonesia dikutip Hariansemarang.id, Senin 12 September 2022.

Dan sebagai balasan atas kunjungan Ratu Elizabeth II itu, Presiden Soeharto atas nama pemerintah Indonesia menganugerahkan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada sang Ratu.

Upacara penganugerahan berlangsung di Ruang Jepara, Istana Merdeka dengan turut hadir Pangeran Philip, Earl Mounbatten, Ibu Tien Soeharto dan pejabat tinggi lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini