Hariansemarang.id – Zaman sekarang populer istilah haters ya. Kalau dulu kan adanya orang yang membencimu.

Nah apakah kamu mengalami kesulitan menangkis para haters, terutama di media sosial belakangan ini marak haters muncul.

Ngomong ngomong soal haters nih sobat, Gus Dur punya tips dan nasihat ciamik untuk menghadapi haters. Mari cek selengkapnya kisah Gus Dur yang kerap bilang gitu saja kok repot, dalam hadapi haters di bawah ini:

Seorang laki-laki yang berbeda paham dengan Gus Dur mengeluarkan kecaman dan kata-kata kasar meluapkan kebenciannya kepada Gus Dur. Gus Dur hanya diam, mendengarkannya dengan sabar, tenang dan tidak berkata apapun.

Setelah lelaki tersebut pergi, si murid yang melihat peristiwa itu dengan penasaran bertanya, “Mengapa Gus Dur diam saja tidak membalas makian lelaki tersebut?” dikutip dari Instagram @ajudan_kiai.nu, Selasa 27 September 2022.

Beberapa saat kemudian, maka Gus Dur bertanya kepada si murid, “Jika seseorang memberimu sesuatu, tapi kamu tidak mau menerimanya, lalu menjadi milik siapakah pemberian itu?”

“Tentu saja menjadi milik si pemberi,” jawab si murid.

“Begitupula dengan kata-kata kasar itu” dawuh Gus Dur. “Karena aku tidak mau menerima kata-kata itu, maka kata kata tadi akan kembali menjadi miliknya. Dia harus menyimpannya sendiri. Dia tidak menyadari, karena nanti dia harus menanggung akibatnya di dunia ataupun akhirat. Karena energi negatif yang muncul dari pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan hanya akan membuahkan penderitaan hidup.”

Kemudian lanjut Gus Dur, “Sama seperti orang yang ingin mengotori langit dengan meludahinya. Ludah itu hanya akan jatuh mengotori wajahnya sendiri. Demikian halnya, jika di luar sana ada orang yang marah-marah kepadamu, biarkan saja. Karena mereka sedang membuang sampah hati mereka.”

“Jika engkau diam saja, maka sampah itu akan kembali kepada diri mereka sendiri. Tetapi kalau engkau tanggapi, berarti engkau menerima sampah itu.”

“Hari ini begitu banyak orang yang hidup dengan membawa sampah di hatinya (sampah kekesalan, sampah amarah, sampah kebencian, dan lainnya dari penyakit hati). Maka jadilah kita orang yang bijak.”

Gus Dur melanjutkan nasihatnya, “Jika engkau tak mungkin memberi, janganlah mengambil. Jika engkau terlalu sulit untuk mengasihi, janganlah membenci. Jika engkau tak dapat menghibur orang lain, janganlah membuatnya sedih. Jika engkau tak bisa memuji, janganlah menghujat. Jika engkau tak dapat menghargai, janganlah menghina. Jika engkau tidak suka bersahabat, janganlah bermusuhan. Jadikanlah setiap hari dalam hidup ini sebuah pembelajaran dan mawas diri.”

Nah seperti itu sobat, tips Gus Dur merespons haters. Menurutmu gimana ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini