Home Ekonomi 4 Tahun Pasar Kaget Tugu Tani Kendal, Terus Berinovasi dengan Keramahan Penjual

4 Tahun Pasar Kaget Tugu Tani Kendal, Terus Berinovasi dengan Keramahan Penjual

53
4 Tahun Pasar Kaget Tugu Tani Kendal, Terus Berinovasi dengan Keramahan Penjual
4 Tahun Pasar Kaget Tugu Tani Kendal, Terus Berinovasi dengan Keramahan Penjual. Dokumen Didin Riswanto

Hariansemarang.id – Jalan-jalan di Kabupaten Kendal, belum lengkap rasanya jika belum mampir ke pasar kaget Tugu Tani Desa Sendangdawung Kecamatan Kangkung.

Pasar yang buka setiap Minggu pagi ini, menjual aneka makanan tradisional khas Kendal, yang akan sulit ditemui di tempat lain.

Aneka jajanan pasar, olahan hasil bumi, sampai pada makanan kontemporer kesukaan anak-anak. Dipadu dengan suasana pedesaan yang hijau, sejuk dan bila beruntung akan ada penampilan musik tradisional angklung atau barongan Anak-anak.

Letaknya cukup strategis, berada di jalur obyek wisata Pantai Indah Kemangi dan Pantai Sendang Sikucing. Cukup buka maps dengan kata kunci ‘Pasar Kaget Tugu Tani’ kita akan menemukan jalur tepat dari semua arah.

Di ulang tahun yang ke 4 pasar kaget Tugu Tani, diharapkan semakin berkembang pesat, ramai, dan bisa mengangkat perekonomian warga dan meningkatkan pendapatan Asli Desa.

Kepala Desa Sendangdawung, Masrbono pada menyampaikan pasar kaget ini dengan ciri khas jajanan pasar, olahan hasil bumi dan makanan tradisional bisa semakin berkualitas dan berkembang.

“Harus bisa berkembang, meningkat kualitas dan kuantitasnya, berproses dengan semangat serta upaya yang keras, bagaimana mengupayakan komunitas pedagang yang ada di pasar kaget bisa berinovasi,” katanya saat menyampaikan sambutan seremoni 4 tahun pasar kaget tersebut.

Lebih lanjut, dari kreasi dan inovasi ini nantinya akan dinanti dan ditunggu oleh pengunjung dan pecinta kuliner tradisional. Sebab menurut Marbono, kuliner olahan jajanan tradisional, saat ini sudah sulit ditemui.

Harapannya pasar kaget ini bisa semakin ngremboko, berkembang sampai tingkatan yang lebih tinggi.

Pasar kaget ini bisa menjadi andalan Desa Sendangdawung dan pemerintah desa mendukung sepenuhnya keberadaan pasar kaget.

Ketua panitia berdirinya Pasar kaget Tugu Tani, Muhammad Fais pada sambutannya menyampaikan, apa yang disuguhkan Pasar Kaget Tugu Tani, berupa kuliner tradisional yang dipadu dengan suasana pedesaan asri, juga keramahan dari pedagang dan pembeli yang datang.

“Pengunjung dari luar daerah, selain menikmati kuliner juga bisa menikmati suasana alam dan orangnya yang ramah siap menyapa dengan senyum manis dan seduluran yang hangat, pokoknya kegembiraan dan keramahtamahan yang asli ala pedesaan jaman baheula. Silahkan datang setiap Minggu pagi,” jelas Fais.

Seremoni empat tahun pasar kaget Tugu Tani Desa Sendangdawung ditandai pemotongan kue oleh Kepala Desa dan diberikan kepada Kang Mis sebagai koordinator pedagang. Acara dilanjutkan dengan selamatan serta suguhan live musik dangdut dengan artis dari Kendal.

Momen ultah 4 tahun Pasar kaget Tugu Tani berlangsung hingga siang, hampir semua pedagang meraup keuntungan dan dagangan habis.

Tamu yang sengaja datang dari luar dari rombongan komunitas sepeda ‘Ayo Pit Pitan Kendal’ , Ardilla Fans Club, rombongan keluarga yang mampir dari piknik ke pantai, serta masyarakat sekitar yang sengaja datang. Wes Pokoke nyenengke lah…(*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here