Internasionalisasi Kampus, Sivitas FISIP UIN Walisongo KKL di Johor Malaysia
Internasionalisasi Kampus, Sivitas FISIP UIN Walisongo KKL di Johor Malaysia

Hariansemarang.id – Kerjasama FISIP UIN Walisongo dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) di Johor masih berlanjut. 17 Mahasiswa dan 4 dosen FISIP UIN Walisongo berkunjung ke Johor dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada 7-17 Mei 2023.

Kerja sama ini merupakan lanjutan dari beberapa kolaborasi yang telah terjalin di antara kedua lembaga antarnegara tersebut.

Dekan FISIP, Misbah Zulfa Elizabeth menekankan arti penting KKL Luar Negeri ini merupakan upaya FISIP untuk memperkuat internasionalisasi kampus. Internasionalisasi kampus dijalankan FISIP UIN Walisongo melalui beberapa program, seperti Internasional Class, KKL Luar Negeri, Collaborative Research, publikasi karya dosen dan mahasiswa di jurnal internasional, dan Internasional Conference on Democracy and Social Transformation (Icon-Demost).

Wakil Dekan I, Ahwan Fanani melihat KKL Luar Negeri ini sebagai langkah strategis bagi pengembangan akademik dan kelembagaan. FISIP UIN Walisongo menempatkan internasionalisasi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai prioritas pengembangan Fakultas.

KKL ini melibatkan mahasiswa dari Prodi Ilmu Politik dan Prodi Sosiologi. Mahasiswa sangat antusias dengan berbagai program yang dirancang dalam KKL tersebut. Mahasiswa bisa merasakan atmosfer pembelajaran di salah satu kampus terbaik di Malaysia.

Mahasiswa juga berkesempatan untuk berbagi pengalaman dengan sesama mahasiswa dari UTM dan mendapatkan masukan informasi dari para dosen di UTM.

Para dosen pendamping turut beraktivitas dalam visiting lecture dan perancangan joint research. Program KKL Luar Negeri ini merangkum beberapa program secara sinergis untuk ekspose internasional bagi dosen.

Rombongan FISIP dipandu oleh para dosen dan pejabat kampus setempat, Sahrin bin Hashiem, Noor Azean binti Atan dan beberapa dosen School of Education dari Faculty of Social Sciences and Humanities ramah dan bersemangat memfasilitasi berbagai kegiatan KKL ini. Mereka mengupayakan pula pengenalan peserta KKL terhadap situs-situs pemerintahan dan sosial di Johor Baru.

Salah satu tempat yang dikunjungi Rombongan KKL FISIP adalah Konjen RI di Johor. Hal menarik dari Konjen RI di Johor adalah adanya Sekolah Indonesia Johor Baru (SIJB), sebagai wadah pendidikan bagi anak para pekerja migran tidak berdokumen dari Indonesia yang berada di Malaysia. Peserta bertemu dengan para siswa yang menyambut dengan antusias kedatangan Rombongan. Para guru dan staf Konjen turut berbagi pengalaman salam mengelola SIJB.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini