KKN UIN Walisongo meriahkan sekolah lansia
KKN UIN Walisongo meriahkan sekolah lansia

Hariansemarang.id – Mahasiswa KKN MIT ke-16 dari Posko 1 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang pada Sabtu tanggal 15 Agustus 2023, turut serta dalam acara sekolah lansia yang diadakan di kelurahan sumurrejo kecamatan Gunungpati.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 40 peserta lansia dari Kelurahan Sumurrejo, yang aktif mengikuti sekolah lansia setiap bulan. Konsep acara ini dirancang dengan baik, dimulai dari pemberian materi kesehatan bagi lansia, dilanjutkan dengan sesi senam bersama, hiburan karaoke, hadiah doorprize, dan juga ice breaking.

Acara sekolah lansia ini merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa KKN UIN Walisongo dan KKN UNNES. Tidak hanya itu, Lurah Sumurrejo, Marsumul, juga turut hadir dalam kegiatan ini untuk memberikan sambutan mengenai kemajuan dan hasil dari sekolah lansia di kelurahan tersebut.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Sekolah Lansia Kecamatan Gunungpati, Sarjito menjadi pemateri yang memberikan materi tentang kesehatan lansia. Dia menjelaskan bahwa tujuan utama dari sekolah lansia adalah untuk meningkatkan kualitas hidup lansia di kelurahan Sumurrejo.

Menariknya, di Kota Semarang hanya ada dua kecamatan yang memiliki sekolah lansia, yaitu Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Ngaliyan. Awalnya, sekolah lansia di Kelurahan Sumurrejo dimulai sebagai respons terhadap stres dan masalah kehidupan yang dihadapi oleh para lansia. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang tertarik dan sekolah lansia ini menjadi perhatian dinas serta menarik minat para donatur.

Dampak positif dari kegiatan sekolah lansia ini sangat besar. Selain mencegah kematian dini akibat stres, penyakit, dan depresi pada lansia, ini juga berdampak pada ketertiban sosial dan budaya di daerah tersebut. Melalui sekolah lansia, para lansia diberdayakan dan dijaga, sehingga dapat menjaga keharmonisan masyarakat secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini