Review Falsafah Kolaborasi Ilmu

Nama : Riska Hidayati
Mahasiswa PIAUD 1A INISNU Temanggung

Mata Pelajaran : Falsafah Kolaborasi Islam
Dosen Pengampu : Hamidulloh Ibda, M.Pd.

Tulislah review/tinjauan/resensi tentang kolaborasi ilmu dengan format
Biodata Buku
Sinopsis Buku
Kelebihan Buku
Kekurangan Buku

Biodata Buku
Judul Buku : MEMBANGUN PARADIGMA KEILMUAN KETUPAT ILMU: Integrasi-Kolaborasi: Collaboration Of Science,Takatuful Ulum,Kolaborasi Ilmu INISNU-UNISNU Temanggung
Penulis : Hamidulloh Ibda
Penerbit : YAPTINU Temanggung
Cetakan : 1 Januari 2021
Tebal : 14 x 21 cm, xix+202 Halaman
ISBN : 978-623-96062-0-6

Sinopsis Buku
Dalam buku ini terdapat beberapa bab.Pertama bab pendahuluan yang mengkaji konsep paradigma ilmu,urgensi paradigma keilmuan,realisasi ilmu pengetahuan,filsafat dan agama,islamisasi ilmu ,imunisasi ilmu,integrasi keilmuan,dan urgensi konversi perguuran tinggi. Bab II membahas model-model paradigma keilmuan PTKI di indonesia.
Bab III konsep paradigma keilmuan ketupat ilmu. Bab IV implementasi paradigma keilmuan ketupst ilmu.
Paradigma keilmuan pada intinya menjadi sebuah pandangan perguruan tinggi dalam menentukan berbagai macam kegiatan akademik maupun non akademik. Berbagai model paradigma keilmuan di perguruan tinggi sydak dikaji mendalam dalam buku ini sehingga INISNU Temanggung memiliki distingsi yang bisa disebut sebagai model paradigma keilmuan yang benar-benar baru, geniue, dan meniliki novelty menarik karena mengolaborasikan antara agama dan ilmu pengetahuan.
Ketupat Ilmu mengacu kepada model paradigma keilmuan integrase-kolaborasi dengan skema anyaman ilmu, collaboration of science, takafatul ulum, yang intinya menggerakkan bersamaan atau bergerak ganda (double movement) antara agama dengan ilmu pengetahuan. Proses ini juga merupakan hasil riset, FGD, uji pakar, serta diseminasi dengan berbagai forum.
Dari hasil kerja ilmiah yang dilakukan dengan proses pengendapan dan pendalaman itulah, paradigma keilmuan Ketupat Ilmu menjadi bagian dari ikhtiar memajukan INISNU Temanggung. Distingsi paradigm keilmuan ini dapat dihindari dari cara menganyamnya, mengolaboraikan, menggerakkan secara bersamaan antara agama dan ilmu pengetahuan.

Kelebihan Buku
Materi yang disampaikan dalam buku ini sangat terperinci, buku ini juga ditulis dengan runtut sehingga pembaca memahami apa yang terdapat pada buku dan berisi dengan pengetahuan yang luas cocok dibaca berbagai kalangan orang.buku ini jiga sangat mengispirasi bagi pembaca

Kekurangan Buku
Banyak kata-kata asing yang susah dipahami oleh orang awam sehingga penjelasan kurang dapat dicerna dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini