Bawaslu Grobogan raih badan publik informatif
Bawaslu Grobogan raih badan publik informatif. Foto Dokumen Humas Grobogan

Hariansemarang.id – Bawaslu Grobogan raih predikat badan publik informatif dalam acara malam penganugerahan keterbukaan informasi publik Provinsi Jawa Tengah tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Patrajasa, Kamis 21 Desember 2023 ini, ada sekitar 250-an lebih badan publik yang dipantau dan dievaluasi oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jateng Indra Ashoka Mahendrayana mengatakan, kegiatan itu untuk mengukur informasi publik. Tahun 2023 ini istimewa, karena melakukan uji publik kepada badan publik terbanyak dibanding tahun sebelumnya.

“Saya sangat bangga karena pesertanya bertambah (dibanding tahun lalu). Dari laporan hampir sekitar 250-an lebih badan publik yang kita monev (monitoring evaluasi) tahun ini. Menghasilkan kurang lebih 90 badan publik, yang memang kategori menuju informatif dan informatif,” tutur Indra.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana, menyampaikan selamat kepada para penerima KIP Award Tahun 2023. Harapannya, penghargaan ini dapat memacu kinerja semua dalam pelayanan informasi publik di instansi masing-masing, sehingga semakin informatif dari waktu ke waktu.

Keterbukaan informasi publik menjadi poin yang sangat penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, dan dapat mendorong partisipasi masyarakat. Keterbukaan informasi merupakan sarana untuk mengoptimalkan pengawasan dan partisipasi publik terhadap penyelenggara negara dan badan publik lainnya, yang menggunakan anggaran negara, baik itu APBN maupun APBD.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti menyampaikan ucapan terimakasih atas predikat badan publik informatif untuk Bawaslu Grobogan.

“Pada penganugerahan keterbukaan informasi publik tahun 2023 oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, kami ucapkan terima kasih atas capaian yang dilakukan Bawaslu Grobogan. Tentunya harapan kami ke depan akan lebih baik lagi dan terbuka dalam menyajikan informasi ke publik,” jelas Fitri.

Badan Publik Kepemiluan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Kategori Informatif Tahun 2023 adalah KPU Kabupaten Karanganyar, KPU Kota Surakarta, Bawaslu Kota Semarang, Bawaslu Kabupaten Batang, Bawaslu Kendal, Bawaslu Sukoharjo, Bawaslu Grobogan, dan Bawaslu Kudus. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini