PERBAIKAN: Salah satu titik rawan macet di Demak

Semarang, Harian Jateng – Sebelum musim mudik Lebaran Idul Fitri 2015, jalur Semarang, Demak, Grobogan, Blora diharapkan warga selesai. Sebab, sampai berita ini ditulis, ada beberapa titik kemacetan karena perbaikan jalan, terutama jalur pembetonan.

Dari pantauan Harian Jateng, Senin (15/6/2015), masih ada beberapa titik yang kini masih menimbulkan macet di jalur tersebut. Kemacetan tak hanya di Semarang, namun di daerah Demak, Grobogan, sampai Blora juga macet.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Kota Semarang, Aryo Permana Kurniawan, berharap pemerintah segera ngebut menuntaskan perbaikan jalan tersebut.

Menurut dia, seolah-olah perbaikan jalur Semarang sampai Blora seperti proyek abadi. “Ya kami selaku masyarakat biasa berharap perbaikan jalan tersebut berjalan dengan sistem kebut, karena ini sebentar lagi puasa,” ujar dia, di Semarang, Senin (15/6/2015).

Perbaikan jalan di jalur Semarang-Blora tersebut, menimbulkan kemacaten parah. Sebab, setiap mobil, bus, truk, harus bergantian berjalan karena dua arah, yaitu dari Blora-Semarang dan araha Semarang ke Blora.

Pengendara sepeda motor asal Blora, Yuni (20), mengaku harus sabar saat ia pulang dari Semarang ke Blora. Apalagi, harga mobil travel juga relatif mahal, sehingga ia terpaksa harus naik sepeda motor sendiri agar lebih ngirit.

“Ya biasanya naik travel, tapi lebih irit motoran. Tapi sering macet, ada sepuluh lebih titik kemacetan,” ungkap dia kepada Harian Jateng.

Ia mengaku, titik kemacetan tersebut memang lebih pada kendaraan roda empat, namun juga berefek pada kendaraan roda dua.

“Kalau mobil, bus, truk macet, otomatis kan sepeda motor juga macet. Mau gak mau harus sabar. Saya berharap pembetonan ini segera selesai sebelum mudik Lebaran nanti,” harap dia.

Apalagi, lanjut dia, saat ini warga Cepu, Bojonegoro, Ngawi, Lamongan dan Tuban serta warga Jawa Timur lainnya sudah banyak yang melewati jalur Blora-Semarang.

“Setahu saya sejak Pati dan Kudus banjir tahun kemarin, banyak warga Jawa Timur yang mudik lewat jalur Blora-Semarang. Jadi kalau pembetonan ini belum selesai, nanti mudik bisa macet parah,” tukas dia. (Red-HJ45/Foto: Marta/Harian Jateng).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini