Hariansemarang.id – Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal (FH UPS) kembali menyelenggarakan Workshop Academic Writing untuk mahasiswa Semester VII. Workshop dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (5-6/10/2022) secara Luring dan Daring dan disi oleh nara sumber yang kompeten di bidang baik dari internal dosen FH UPS maupun dosen dari luar.

Acara ini dibuka oleh secara langsung oleh Dekan FH UPS Dr. Achmad Irwan Hamzani. Dalam penyampaiannya, Dekan mengatakan Workshop ini rutin dilaksanakan setiap tahun yang harus diikuti mahasiswa Semester VII sebagai syarat mahasiswa dapat mengajukan judul atau tema tugas akhir.

Dengan mengikuti Workshop ini, mahasiswa dapat mengikuti alur dalam penyusunan tahap akhir dan dapat menulis menulis Skripsi dengan tema-tema yang aktual.

Workshop Academic Writing menjadi sangat penting karena FH UPS agar kualitas Skripsi yang disusun mahasiswa terus meningkat. Sebab, kebijakan di FH UPS, Skripsi mahasiswa tidak cukup berhenti sampai diujikan lalu ditumpuk di Perpustakaan dan diunggah di Repository.

Skripsi-skripsi mahasiswa akan diseleksi untuk diterbitkan menjadi buku, mendapatkan hak cipta, dan ringkasannya menjadi artikel yang siap dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional ISSN, Terakreditasi Sinta, dan Jurnal Internasional.

Setiap semester ditarget minimal ada 5 Skripsi yang dapat dipublikasikan menjadi buku beserta hak ciptanya, dan minimal 15 artikel dari Skripsi yang dipublikasikan di jurnal ilmiah. Adapun kriteria Skripsi yang dapat dipublikasikan harus memenuhi syarat minimal 100 halaman, temanya aktual, dan bukan plagiat.

Ada 8 pemateri dalam kegiatan workshop Academic Writing ini diantaranya, Muhammad Wildan, M.H. (dosen FH UPS yang menjabat sebagai Sekretaris Program Studi S1) memberikan sub materi alur penulisan tugas akhir, Erwin Aditya Pratama, M.H. memberikan materi penulisan jurnal ilmiah, Dr. Achmad Irwan Hamzani memberikan materi Sitasi Jurnal Ilmiah, Dr. Soesi Idayanti, M.H. memberikan materi pendekatan normatif dalam penelitian hukum, Dr. Novita Dewi Masitoh (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo) memberikan materi pendekatan sosiologis dalam penulisan hukum, Dr. Oksidelfa Yanto, M.H. (Dekan FH Univ. Pamulang) memberikan materi Isu aktual hukum pidana, Dr. Latifa Hanim, S.H.,M.Kn.,M.H. (Dosen FH Unissula) memberikan materi Isu aktual hukum perdata dan Dr. Tedy Sudrajat, S.H., M.H. (WD I FH Unsoed) memberikan materi Isu aktual hukum administrasi.

Workshop dikuti oleh 177 mahasiswa Semester VII. Hari pertama dilaksanakan secara luring di Ruang MKU FH UPS, dan hari kedua dilaksanakan secara daring. Adapun mahasiswa Semester VII yang belum sempat mengikuti Workshop pada periode ini, akan diikutkan pada periode berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini